Bukit Danau Toba di Kecamatan Baktiraja Hangus Terbakar

  • Whatsapp

SmartNews, Humbahas – Kawasan hutan dan lahan di perbukitan Danau Toba di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara (Sumut) terbakar.

Kebakaran yang terjadi mulai Minggu malam (9/9/2020) diperkirakan menghanguskan seluas mencapai puluhan hektar.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari warga, sebenarnya api sudah mulai terlihat sejak pukul 21.00 WIB Minggu malam.

Namun karena medannya yang sulit, ditambah musi kemarau panjang di daerah itu, masyarakat tidak dapat berbuat banyak.

Beberapa warga hanya berusaha berjaga-jaga di sekitar lingkungan rumah, mengingat lokasi kebakaran juga dekat pemukiman warga. Alhasil, api yang merambat dengan cepat menghanguskan perbukitan danau toba itu.

Peristiwa kebakaran ini berdampak pada tiga desa di Kecamatan Baktiraja yakni, Desa Martodo, Marbun Toruan dan Desa Semangulampe.

Keterangan warga sekitar, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian yang dialami warga sangat banyak karena beberapa lahan perkebunan yang sudah ditanami berbagai jenis tanaman juga ikut ludes terbakar.

Amatan wartawan pada Senin siang (10/8/2020) api terlihat sudah padam. Pascaperistiwa ini, warga meminta agar pihak berwajib dapat memburu pelaku pembakaran.

Mereka juga meminta pemerintah agar lebih ketat memberikan aturan agar peristiwa serupa tidak terjadi kedepannya.

“Kami sudah coba melakukan pemadaman api, tapi kami tidak mampu,” kata Faber Situmorang kepada wartawan, Senin siang.

Hingga berita ini dilansir, belum diperoleh keterangan dari pihak terkait, apa sebenarnya penyebab terjadinya kebakaran ini. (rtb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *