Jalan Provinsi Penghubung Pakkat-Barus Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

  • Whatsapp

SmartNews, Humbahas – Setelah sempat lumpuh karena tertimbun longsor, jalan Provinsi di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara (Sumut), tepatnya di Dusun Landitan, Desa Ambobi Paranginan (Ampar), Kecamatan Pakkat, akhirnya normal dan bisa dilalui kendaraan.

Camat Pakkat, Mangoloi Tua Purba kepada wartawan saat dikonfirmasi saat seluler, mengatajkan, jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Pakkat, Humbahas – Kecamatan Barus, Tapteng sudah bisa dilalui kendaraan sekitar pukul 17.00 WIB, setelah pihak terkait dan masyarakat membersihkan material longsor dari badan jalan.

Bacaan Lainnya

Namun bagi pengguna jalan yang bepergian dari Pakkat-Barus atau sebaliknya, diminta tetap hati-hati dan waspada longsor. Sebab, pada musim penghujan, perbukitan sepanjang jalan tersebut rawan longsor dan menimbun badan jalan.

“Dalam satu pekan terakhir, kita bersama pihak terkait sudah menangani empat titik longsor yang menutupi badan jalan. Beberapa titik lumpuh total karena material longsor menutupi badan jalan,” katanya.

Kalak BPBD Humbahas, Tumbur Hutagaol melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Astrid Sitompul mengatakan, dalam penanganan bencana longsor untuk ruas jalan provinsi, pihaknya kordinasi dengan UPT Binamarga Provinsi di Dolok Sanggul. Dan bila diperlukan, pihaknya akan menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor.

“Hasil kordinasi kita dengan UPT Binamarga Provinsi atas penanganan longsor jalan provinsi penghubung Humbahas-Tapteng, saat ini sudah kembali normal dan sudah bisa dilalui kendaraan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kapolres Humbahas AKBP Rudi Hatono melalui Paur Subbag Humas Bripka Syawal Bako Lolo kepada wartawan menyampaikan, perbukitan jalan provinsi penghubung Humbahas-Tapteng di Dusun Silanditon, Desa Ampar, Kecamatan Pakkat longsor dan menutupi ruas jalan, dengan ketebalan sekitar 2 meter lebih. Akibatnya, arus lalulintas lumpuh total.

FOTO: Saat Jalan Tertimbun Longsor.

Dan di lokasi yang sama, pada Selasa (1/9/2020) material longsor juga menimbun badan jalan dan melumpuhkan arus lalulintas. Namun atas kerjasama semua pihak, arus laluintas kembali normal.

Kepada pengguna jalan yang bepergian dari Pakkat-Barus atau sebaliknya, Syawal mengimbau masyarakat dan agar pengendara tetap hati-hati karena perbukitan sepanjang jalan provinsi itu rawan longsor. (as)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *