Jokowi ke Humbahas, Gubsu Tinjau Persiapan Lahan Food Estate

  • Whatsapp
FOTO Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Memberikan Keterangan Kepada Awak Media. (Foto: Humas Sumut)

SNT, Humbahas – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau persiapan kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Humbahas, Senin (27/10/2020).

Presiden Jokowi mengunjungi Kabupaten Humbahas, besok, Selasa (27/10/2020), dalam agenda peresmian lahan pertanian terpadu, Food Estate di Kecamatan Pollung. Dari lokasi tersebut, diyakini konsep Sumut Agraris akan segera diwujudkan.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungannya ini, Gubernur bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin dan Pangdam I/BB, Mayjend TNI Irwansyah untuk melihat lahan program Food Estate yang akan dimulai untuk tahap pertama, ditanami kentang, bawang merah, bawang putih wortel dan lainnya.

Begitu juga kesiapan penyediaan pendukung utama berupa embung guna memenuhi kebutuhan pasokan air.

“Penyediaan kebutuhan beberapa komoditas kita di Sumut masih sedikit bisa dipenuhi dari sini (dalam provinsi). Untuk Sumut (sendiri) saja masih kurang, belum lagi untuk Sumatera,” ujar Edy Rahmayadi di sela sela meninjau lokasi.

Gubernur mencontohkan, bahwa komoditas bawang merah masih harus dipasok dari Brebes (Jawa Tengah).

Padahal menurut Edy, lahan di Sumut cukup subur dan areal yang potensial cukup luas. Karenanya, Gubernur menekankan bahwa langkah ini perlu dimulai dengan menjadikan Humbahas sebagai kawasan dimulainya program Food Estate pemerintah pusat.

“Kita berharap pasokan bawang putih, bawang merah, kentang, wortel selain dari Tanah Karo, itu nanti dari sini. Jadi pusatnya nanti dari sini, karena lahannya masih begini besar,” katanya.

Gubernur juga meyakini, dengan kehadiran Presiden RI Joko Widodo ke Sumut guna meresmikan dimulainya program Food Estate, akan menjadi penanda awal mula dari konsep agrarisnya Sumatera Utara yang selama ini juga telah menjadi salah satu provinsi yang produktif di sektor pertanian.

“Doakan semoga besok (Selasa, 27 Oktober 2020) dibuka oleh Presiden (Food Estate). Dananya dari APBN dan APBD (Provinsi). Dan nanti ada bantuan dari investor yang menanamkan modalnya untuk pertanian dan peternakan, berupa kerbau dan sapi,” ujarnya.

Usai meninjau lahan Food Estate, Gubernur bersama Kapolda dan Pangdam juga meninjau kesiapan agenda Presiden di kabupaten yang sama dalam rangka penyerahan sertifikat kepada petani di Sumut, bertempat di Stadion Dolok Sanggul. (hs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *