Jokowi Jadikan Tapteng Jadi Lokasi Food Estate, Bupati Bakhtiar Bilang Begini

  • Whatsapp
FOTO Presiden RI Joko Widodo Bersama Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani. (Dok_Istimewa)

SNT, Tapteng – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), sebagai salah satu dari 4 daerah di Sumatra Utara (Sumut) sebagai lokasi lumbung pangan nasional (food estate).

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat meninjau perkembangan pembangunan kawasan food estate di Desa Riaria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Selasa (27/10/2020).

Bacaan Lainnya

Total luasan lahan di empat daerah yang akan dikembangkan mencapai 30.000 hektare. Lokasinya, di Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Pakpak Bharat.

“Di sini ada luas lahan 60.000 hektare, dan yang akan ditanam, yang akan digunakan untuk food estate adalah seluas 30.000 hektare,” sebut Jokowi.

Presiden mengatakan, di kawasan food estate tersebut nantinya akan dikembangkan menjadi pertanian modern berbasis hortikultura.

Terpisah, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani mengucapkan syukur dan merasa bangga karena Tapteng ditetapkan menjadi kawasan lumbung pangan nasional (food estate) di Sumut.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan kementerian terkait, karena Tapteng sudah diberi kepercayaan menjadi salah satu wilayah food estate,” kata Bakhtiar Ahmad Sibarani saat dihubungi wartawan, Selasa sore.

Menurut Bakhtiar, dengan ditetapkannya Tapteng menjadi daerah lumbung pangan, tentunya menjadi sebuah peluang bagi masyarakat.

“Ini adalah kesempatan bagi masyarakat kita untuk mendapatkan lapangan pekerjaan baru. Semoga dengan program ini nantinya akan menambah kemakmuran bagi masyarakat Tapanuli Tengah, dan bisa menjadi berkah bagi kita bersama,” ungkap Bakhtiar.

Dia berharap, masyarakat memberikan dukungan, supaya program lumbung pangan nasional di Tapanuli Tengah bisa terwujud.

“Mohon dukungan dari semua lapisan masyarakat. Agar ini bisa terwujud, potensi yang ada di Tapanuli Tengah bisa kita manfaatkan secara optimal demi kepentingan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Tapteng, Basyri Nasution menjelaskan, luas lahan yang digunakan untuk food estate sekitar 12.655 hektar.

“Lahannya berada di Kecamatan Kolang, Sorkam dan Sosorgadong. Untuk Tapteng luasan 12.655 ha,” pungkasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *