Bill A Tan: Jumlah Penumpang di Bandara FL Tobing Menurun Drastis Akibat Corona

bandara fl tobing
FOTO Suasana di Bandara FL Tobing Pinangsori Tapteng. (Foto: Dok_Istimewa)

SNT, Tapteng – Pada masa libur panjang pekan kemarin, arus penumpang dan penerbangan di Bandara FL Tobing di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapteng, Sumatra Utara (Sumut), lengang.

Demikian disampaikan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) FL Tobing, Kapten Iwan Kurniawan melalui Kaur TU, Bill Akbar Tan saat ditemui wartawan, Selasa (3/11/2020).

Bacaan Lainnya

Bill Akbar menyebut, jumlah penumpang di bandara tersebut mengalami penurunan drastis selama Oktober 2020.

“Kita tak tahu apa permasalahannya, pihak maskapai sudah membuat promosi, tapi jumlah penumpang memang sedang turun,” kata Bill Akbar.

Bill mengungkapkan, sejak masa pandemi Covid-19, jumlah penumpang di Bandara FL Tobing mengalami penurunan sangat tajam hingga 51%, dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Meski demikian, jumlah penumpang sempat mencatatkan kenaikan pada bulan Juni hingga Juli 2020 yang lalu,” bilangnya.

Dia menjelaskan, Bandara FL Tobing melayani maskapai Garuda Indonesia, Wings Air dan Susi Air.

“Garuda terbang setiap hari, tetapi pada Kamis khusus carter. Kemudian setiap hari Sabtu, baru sebulan ini kosong akibat kekurangan pesawat Bombardier Canadair Regional Jet (CRJ),” terang Bill.

Menurut pihak Garuda, armada pesawat jenis Bombardier CRJ sangat terbatas dan lebih banyak digunakan untuk melayani penerbangan di daerah lain.

Sementara itu, maskapai Wings Air juga sering cancel akibat jumlah penumpang yang cenderung berkurang.

Wings yang harusnya terbang hari ini pun terpaksa dicancel. Jadwalnya pun menjadi tidak pasti. Berdasarkan slot time, seharusnya setiap hari.

“Tetapi fenomena sekarang, meski kita booking hari ini belum tentu besok kita bisa terbang, karena sering cancel,” ujarnya.

Berbeda dengan pesawat perintis Susi Air, ada maupun tidak ada penumpangnya, mereka tetap jalan. Karena biaya operasionalnya disubsidi.

“Susi Air tetap beroperasi melayani Sibolga-Nias, dan Sibolga-Pulau Telo, meski tak ada penumpang. Karena pertimbangan biaya swab PCR yang lebih mahal ketimbang ongkos,” pungkasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *