Bandara FL Tobing Tapteng Berbenah

  • Whatsapp

SNT, Tapteng – Bandara Ferdinand Lumbantobing yang terletak di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut) kini sedang melakukan pembenahan bandara.

 

Bacaan Lainnya

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) FL Tobing, Kapten Iwan Kurniawan melalui Kaur TU, Bill Akbar Tan mengungkapkan, ada beberapa usulan proyek di awal tahun yang dipotong, namun kegiatan ini merupakan hal yang wajib untuk pemenuhan standard pelayanan.

“Pertama, kita membangun gedung pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) Bandara FL Tobing, karena kita ingin menaikkan kelas bandara ini,” kata Bill Akbar kepada wartawan, Rabu (4/11/2020).

Diharapkan, tahun depan Bandara FL Tobing naik kelas, dan juga usulan peningkatan landasan dan apron bisa disetujui Ditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI.

“Selain untuk pemenuhan standard pelayanan, keberadaan gedung PKP-PK bandara ini merupakan salah satu syarat naik kelas,” bilang Bill Akbar.

Kemudian yang kedua, kegiatan pembenahan terminal penumpang. Sebenarnya ini hasil revisi yang telah diusulkan sejak beberapa tahun lalu, namun tidak disetujui.

“Bila dilihat, kondisi terminal kita kan banyak yang bocor, dan kondisinya kurang layak lah. Sejak beberapa tahun lalu kita berusaha memperbaikinya, namun anggarannya tidak dikucurkan,” kata Bill.

Akan tetapi, pada bulan Agustus 2020 yang lalu, pihaknya kembali mengusulkan anggarannya ke kantor pusat, dan disetujui.

“Mumpung penumpang lagi sepi di masa pandemi Covid-19, dan pekerjaan ini tidak terlalu mengganggu. Itu alasan kita ke kantor pusat dan akhirnya disetujui,” ungkapnya.

Khusus terminal penumpang, anggarannya Rp2,8 miliar. Item pekerjaannya untuk memperindah tampilan terminal. Bangunan lama tidak dirubuhkan, hanya mempercantik tampilannya saja. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *