Dinahkodai Seorang Pilot, Begini Wajah Baru Terminal Bandara FL Tobing Tapteng

  • Whatsapp
Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dr FL Tobing, Capt. M. Kurniawan. (Foto: dok_istimewa)

SNT, Tapteng – Dipercaya sebagai Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dr FL Tobing pada, bulan Agustus 2020 lalu, Capt. M. Kurniawan, gerak cepat melakukan pembenahan di bandara kebanggaan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga itu.

Langkah pertama yang dilakukan Kurniawan adalah, mencolok anggaran ke Kementerian Perhubungan untuk perbaikan bangunan terminal bandara.

Bacaan Lainnya

Hal itu karena kondisi bangunan terminal yang lama sudah bocor, dan tidak layak lagi. Dengan turunnya anggaran tersebut, perbaikan dan penambahan luas bangunan terminal terwujud.

Dan kini wajah baru dari terminal penumpang Bandara FL Tobing yang berada di Kecamatan Pinangsori, Tapteng itu sudah berubah.

Baca Juga: TTM, Fitur QRIS Terbaru yang Dikeluarkan Bank Indonesia, Apa Itu?

Dengan desain yang elegan, ditambah lagi penambahan tiang-tiang penyangga, bangunan terminal itu pun tampak kokoh dan lebih menarik.

Selain mempercantik wajah terminal, Kurniawan yang masih aktif sebagai pilot itu, juga mendandani kawasan bandara tersebut.

Mulai dari pemasangan pagar keliling bandara, pembuatan portal, pembangunan lahan parkir, dan sistem parkir yang sudah terintegrasi.

Demikian juga dengan Avsec Security Bandara, kemampuan dan fisiknya semakin dimantapkan dengan melibatkan pihak Lanud sebagai pelatih.

“Bertahap kita benahi Bandara ini. Kalau dulu parkirnya kan masih manual, sekarang tidak lagi, sudah menggunakan sistem terintegrasi. Dulu masih bebas masuk, sekarang tidak lagi karena sudah ada portal ditambah dengan pemasangan pagar keliling bandara,” ujar Kurniawan, kemarin di ruang kerjanya.

Baca Juga: Irjen Panca Putra Simanjuntak Jadi Kapolda Sumut

“Tenaga keamanan dan juga pegawai sudah semakin mantap. Intinya perubahan itu sudah kita lakukan bersama dengan teman-teman yang ada di sini, karena pada prinsipnya Bandara itu harus steril, karena merupakan objek vital,” tambahnya.

Untuk pembentukan mental dan SDM dari tim Avsec Security Bandara, Kurniawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kabandara Japura Rengat itu, melibatkan Lanud yang ada di kawasan Bandara FL Tobing untuk melatih para petugas Avsec.

Sehingga dengan adanya pelatihan dan pembinaan itu, kemampuan dan percaya diri Avsec semakin baik.

“Alhamdulillah bang, hal-hal yang urgent sudah kita benahi bersama teman-teman yang ada di sini. Dengan adanya pembenahan yang kita lakukan, penumpang yang menggunakan jasa penerbangan dari Bandara FL Tobing ini semakin nyaman dan aman. Dan target saya tahun depan membangun lahan parkir inap kendaraan, tempat parkir penurunan atau penjemputan penumpang (drop zone) dan pembangunan taman,” tuturnya.

Foto Suasana Terminal Penumpang dan Kantor Bandara FL Tobing Pinangsori Tapteng. (dok_snt)

Ada pun panjang Runway Bandara saat ini 2.260 × 30m. Dan itu sudah mencukupi untuk didarati pesawat Boeing.

Hanya saja yang kurang memadai untuk pendaratan pesawat Boeing adalah ketebalan aspal Runway (PCN).

Sehingga agar kekuatan aspal sanggup menahan beban pesawat Boeing, PCN Bandara FL Tobing harus ditambah sekitar 15 cm.

Amatan wartawan, di lokasi, penataan perkantoran Bandara sudah semakin menarik, ditambah lagi beberapa fasilitas umum seperti Masjid, ATM, terminal pengisian BBM, jalur untuk tamu khusus sudah tersedia. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *