Ng Man Tat Pemeran Shaolin Popey Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Richard Ng Man-tat meninggal dunia. (Foto: dok_istimewa)

SNT – Industri perfilman Hong Kong berduka. Aktor senior dan komedian pemeran film Shaolin Popey, Richard Ng Man-tat meninggal dunia.

Seperti diberitakan CCTV, mengutip Global Times, Ng Man Tat meninggal dunia di usia 70 tahun. Aktor yang pernah berperan sebagai paman aktor Stephen Chow, dan juga dikenal sebagai Paman Boboho itu meninggal dunia, Sabtu (27/2/2021).

Bacaan Lainnya

Sepanjang kariernya, Ng Man Tat telah membintangi puluhan film dan serial televisi. Dia pertama kali main dalam film berjudul Hong Kong Emmanuelle yang tayang di tahun 1977.

Kemudian beberapa film bertema kungfu seperti Shaolin Popey II Messy Temple (1994) dan The Kung Fu Scholar (1994). Dan film terakhir yang dibintanginya adalah The Wandering Earth yang dirilis tahun 2019.

Film tersebut merupakan karya fiksi ilmiah yang disutradarai Frant Gwo dan diangkat dari novel berjudul sama karya Liu Cixin.

Dalam film The Wandering Earth, Richard Ng Man-tat memerankan sosok bernama Zhao Jinmai. Film ini sukses meraup keuntungan USD 700 juta di seluruh dunia.

Di China, film ini memecahkan rekor sebagai film China dengan pemasukan terbanyak di layar IMAX.

Shaolin Popey dan film-film “Boboho” mungkin adalah karya Ng Man Tat yang dekat dengan penonton di Indonesia. Dia pernah menjadi biksu genit dalam Shaolin Popey juga.

Ng Man Tat selalu kebagian jadi Paman karakter utama dalam film yang diperankannya. Tak heran dirinya juga punya nama panggilan Uncle Tat atau Paman Tat di negara asalnya.

Dalam sepanjang karier aktingnya, Ng Man Tat pernah mendapatkan penghargaan seperti Best Supporting Actor di Golden Bell Awards 2007 buat perannya di The Hospital.

Richard Ng Man Tat lahir di Xiamen, Fujian, China pada 2 Januari 1951. Sejak 2013, Ng Man Tat mengalami sakit jantung dan kesehatan mulai menurun.

Dan pada Februari 2021 dirinya dikabarkan mengidap kanker liver dan pernah menjalani operasi akhir tahun 2020.

Kini sang aktor mengembuskan napas terakhirnya di Sha Tin, Hong Kong. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *