Program TMMD Bikin Pedagang Semringah

  • Whatsapp

SNT, Gunungsitoli – Sejumlah pedagang keliling sangat bersyukur dengan adanya kegiatan TMMD ke 110 tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kodim 0213/Nias di Desa Loloana’a Lolomoyo, Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli, Sumatra Utara.

Hal ini disampaikan oleh beberapa pedangan keliling yang ditemui tak jauh dari lokasi sasaran TMMD, Kamis (18/03/2021).

Misalnya Filifo Zega, ia merupakan pedagang keliling warga Desa Loloana’a Lolomoyo. Kesehariannya berdagang keliling mengitari pemukiman warga untuk menambah kebutuhan keluarganya.

Filifo mengatakan, manfaat yang ia rasakan berkat adanya kegiatan TMMD di desanya. “Mogale Wino Mogale Banio (pedagang pinang dan kelapa) bawangalui soguna bongi maokho (mencari kebutuhan sehari-hari) ahato (dekat) di Desa Nikootano Dao dan Desa Gawu-Gawu Bouso dengan berkeliling. Ahato ndaodo wogale misa (saya menjadi dekat) Sawahgolo meno labokai lala ande (terima kasih dengan adanya pembukaan badan jalan ini,” katanya.

Demikian juga Candra Gulo asal Desa Binaka sebagai pedagang pengumpul barang-barang elektronik bekas milik warga.

Menurutnya, jalan ini tembus di kampung sebelah dan ia merasa dekat. “Terima kasih sekali dengan masuknya TMMD di Desa Loloana’a Lolomoyo,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ucok Zega warga Desa Loloana’a Lolomoyo yang kesehariannya sebagai pedangang getah dengan berkeliling.

Ia mengatakan dengan adanya pembukaan badan jalan melalui TMMD, jarak tempuh menjadi dekat. “Karena jalan ini merupakan jalan potong antar desa dan kecamatan,” katanya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *