Wabup Tapteng Pimpin Apel Kesiapsiagaan Karhutla

  • Whatsapp
Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Kesiapsiagaan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) dan pembukaan perlombaan Kampung Tangguh
Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Kesiapsiagaan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) dan pembukaan perlombaan Kampung Tangguh di Lapangan Apel Mapolres Tapteng, Kamis pagi (8/4/2021).

SNT, Tapteng – Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Kesiapsiagaan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) dan pembukaan perlombaan Kampung Tangguh di daerah itu.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Tapteng, Kamis pagi (8/4/2021). “Karhutla menjadi permasalahan yang sangat serius sehingga mendapat pantauan langsung dari Presiden RI bahkan dunia. Dalam Rakornas Karhutla di Istana Negara, Presiden Jokowi telah mengingatkan kepada jajarannya termasuk kepala daerah, serta pimpinan satuan TNI-Polri untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” kata Darwin Sitompul mewakil Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Rumah Tak Berpenghuni di Sibolga Terbakar

Dikatakan, lebih dari 99% penyebab kebakaran hutan dan lahan gambut adalah akibat ulah manusia, baik yang sengaja melakukan pembakaran maupun akibat kelalaian dalam menggunakan api.

“Api yang menjalar ke bawah permukaan tanah menyebabkan pembakaran yang tidak menyala, sehingga hanya asap putih yang tampak diatas permukaan. Hal inilah yang menyebabkan kegiatan pemadaman kerap sulit dilakukan,” jelasnya.

Baca Juga: Di Akhir Video, Laki-laki Itu Turun dari Becak dan Langsung Memperbaiki Celananya

Disampaikan, berdasarkan laporan dan data yang diterima Pemkab Tapteng dari Tim/Satgas Penanganan Karhutla, terdapat sebanyak 58 titik lokasi rawan Karhutla yang tersebar di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Saya berharap, melalui kegiatan apel kesiapsiagaan karhutla dan pembukaan perlombaan kampung tangguh ini, dapat menghentikan atau meminimalisir terjadinya larhutla di Kabupaten Tapanuli Tengah,” ujar Darwin Sitompul.

Baca Juga: Produk UMKM Taput Siap Dipasarkan di Mini Market Ternama di Indonesia

“Kepada semua yang hadir saat ini agar bersama-sama berkomitmen dalam kesiapsiagaan Karhutla,” tegasnya.

Selanjutnya, Wabup didampingi Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Dandim 0211/TT Letkol Inf. Dadang Alex, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare, Dandenpom 1/2 Sibolga Letkol CPM Hasanuddin Siagian, Dansatradar 234 Sibolga yang diwakili oleh Kasi Dallat Satradar 234/Sibolga Kapten Lek Wahyadi dan mewakili Ketua DPRD Tapteng Imam Safi’i Simatupang, meninjau kesiapsiagaan pasukan/personil Satgas Karhutla Kabupaten Tapteng.

Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul Bersama Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto Mengecek Barisan Satgas Karhutla.

Baca Juga: Belajar Tatap Muka Dimulai di Taput, Nikson Nababan: Prokes Ketat

Pasukan dalam kegiatan apel kesiapsiagaan karhutla ini antara lain barisan Pama dan Camat, Denpom 1/2 Sibolga, Kodim 0211/TT, Lanal Sibolga, Satrad 234/Sibolga, Polres Tapteng, Damkar, Satpol PP, Dishub, Basarnas Sibolga-Tapteng, BPBD Tapteng, Lurah/Kades, dan barisan sukarelawan.

Turut hadir, Asisten Administrasi dan Umum Setda Tapteng, Kalaksa BPBD Tapteng, mewakili Basarnas, Kadis Perhubungan Tapteng, Kepala Satpol PP, serta pimpinan perusahaan perkebunan sawit. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *