Lanal Sibolga Amankan Satu Kapal yang Membawa Bahan Peledak

WhatsApp Image 2022 07 01 at 07.36.39
Danlanal Sibolga, Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas saat memberikan keterangan kepada awak media didampingi Dandim 0211/TT.

SNT, Sibolga – Patroli Lanal Sibolga Sea Rider G 7 Combat mengamankan Kapal Motor (KM) Yakin Maju 02 yang membawa bahan peledak untuk menangkap ikan, Kamis (30/6/2022) malam sekitar pukul 23.50 WIB.

Danlanal Sibolga, Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas di hadapan awak media saat jumpa pers di Mako Lanal Sibolga, Jumat (1/7/2022) siang mengungkapkan kapal tersebut berlayar dari Sibolga, tanpa mengantongi dokumen resmi.

Bacaan Lainnya

Oleh petugas tim patroli Lanal Sibolga kemudian mencium adanya pergerakan kapal akan melaut yang diduga membawa bahan peledak.

“KM Yakin Maju 02 diamankan oleh unsur Patroli Lanal Sibolga Sea Rider GT 7 Combat sekitar pukul 23.50 WIB di sekitaran tenggara Pulau Poncan Besar,” ungkap Cahyo Pamungkas.

Selain mengamankan tiga awak kapal, Lanal Sibolga juga menyita barang bukti berupa timah pemberat tiga set, dua pack korek api, satu plastik prop atau busa untuk menutup botol, blerang, delapan korek api gas, mesin dan tabung kompresor udara, benang jahit, croun 8 Kg.

Barang bukti lainnya adalah rakitan handak botol aqua besar sebanyak 5 botol, aqua kecil 8 botol, botol bir besar sebanyak 36 botol, dan botol bir kecil 13 botol.

Cahyo Pamungkas menerangkan ketiga awak kapal yang turut diamankan merupakan warga Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara. Mereka berinisial RC (43) warga Sipange, Kecamatan Tukka. FZ (52) warga Budi Luhur, Kecamatan Pandan, dan AMP (21) warga Lubuk Tukko, Kecamatan Pandan.

“Saat KM Yakin Maju 02 diamankan, petugas kita hanya menemukan tiga orang saja di dalam kapal, beserta barang bukti yang sudah kita amankan,” jelas Cahyo Pamungkas.

Ditanya siapa pemilik kapal serta bagaimana bahan peledak itu diperoleh ketiga ABK tersebut, Danlanal menegaskan pihaknya masih mendalaminya.

“Untuk saat ini kita masih mendalami lebih lanjut pemilik kapalnya di mana, siapa. Jadi nanti saya harapkan setelah kita dalami lebih lanjut, kita akan meluaskan lagi pencarian sehingga tidak terjadi lagi adanya kapal bom di wilayah kerja Lanal Sibolga, terutama di Kota Sibolga,” tegas Cahyo.

Mengakhiri keterangannya Danlanal Sibolga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga berhasil melakukan penangkapan KM.Yakin Maju 02. “Hal ini sesuai dengan perintah dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam penegakan hukum di laut agar tidak ragu dan sesuai prosedur. Sementara untuk ABK yang kita amankan akan dilakukan proses hukum yang berlaku,” tegasnya.

Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas M,Lumbantobing yang turut hadir dalam konferensi pers ini menyampaikan apresiasi kepada Lanal Sibolga yang telah berhasil menangkap pelaku pengeboman ikan dan juga kepada masyarakat yang turut memberikan informasi dan laporan. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *