Kemenparekraf Dukung Pemkab Tapteng Kembangkan Potensi Wisata, Termasuk Pulau Mursala

  • Whatsapp
Pj Bupati Tapteng, Yetty Sembiring Foto Bersama Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI, Marhen di Jakarta.

SNT, Tapteng – Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Yetty Sembiring memaparkan potensi wisata Kabupaten Tapteng, Sumatra Utara, di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Jumat (23/9/2022).

Pj Bupati Yetty Sembiring berkeinginan agar pariwisata di Tapteng lebih maju lagi, dari yang sudah ada sekarang ini.

Bacaan Lainnya

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI, Marhen, saat dihubungi SNT, Senin (26/9/2022), mengatakan sangat mendukung rencana makro pengembangan pariwisata sebagaimana disampaikan oleh Pj Bupati Tapteng.

“Dalam pertemuan saya dengan ibu Pj Bupati Tapteng kemarin, kami dari Kemenparekraf sangat mendukung, kalau beliau (Pj Bupati Tapteng) memang mau membangun pariwisata,” katanya.

Namun Marhen menyampaikan, untuk membangun pariwisata, tidak mudah, harus kerjasama dengan semua stakeholder. “Gak bisa hanya pemerintah, tapi kita ini harus bergerak bersama, mulai dari industri, pengusaha, komunitas dan teman-teman media,” jelasnya.

“Kalau itu semuanya bergerak, Tapanuli Tengah itu pasti akan maju parawisatanya. Di sana kan ada bandara tuh. Apalagi kalau sudah ada bandara,” sambung Marhen.

“Nah, sekarang kayak Lombok, semua bergerak, teman teman media juga bergerak, pengusaha bergerak. Jadi sekali lagi kalau semua bergerak, Pariwasata di Tapanuli Tengah akan maju. Kalau pemerintah sendiri gak akan kuat,” sambungnya.

Selain objek-objek wisata yang ada di sepanjang bibir pantai di Kabupaten Tapteng, salah satu lokasi wisata yang dibidik untuk dilakukan pengembangan ke depan adalah Pulau Mursala.

Lantas, apa yang akan dibenahi untuk pengembangan wisata Pulau Mursala?

Marhen mengungkapkan akan ada investor yang masuk. “Poin yang disampaikan (Pj Bupati Tapteng) ke kita adalah rencana makro pengembangan pariwisata Tapanuli Tengah di sepanjang ratusan kilometer panjang pantai, termasuk Pulau Mursala,” bebernya.

“Rencana akan ada investor masuk (untuk pengembangan wisata Pulau Mursala). Itu luar biasa kalau investor masuk,” kata Marhen.

Ditanya soal bagaimana kemudian membangun akses transportasi menuju Pulau Mursala, Mahren menyebut Kemenparekraf sudah mendorong Kementerian Perhubungan untuk membangun dermaga.

“Kemarin kan kita dorong Kementerian Perhubungan untuk bantuan pembangunan dermaga, agar hal itu tercapai. Solusi yang saya sampaikan ke Pj Bupati Tapteng untuk menyampaikan proposal ke Kementerian perhubungan untuk pembangunan dermaga tersebut, karena untuk hal itu merupakan bidang Kementerian Perhubungan. Mudah mudahan di acc. Kita doakan lah mudah mudahan tahun depan dapat,” tutupnya. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *