Peluang Promosi Kopi Lintong di Eropa Pada Vienna Coffee Festival 2023

IMG 20230514 WA0016

Foto: Buah kopi Lintong yang tumbuh di Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

HUMBAHAS – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wina Austria bermaksud memanfaatkan momentum pemulihan perekonomian dengan mendorong partisipasi Indonesia di Vienna Coffee Festival (VCF) pada 8-10 September 2023 di Austria. Salah satunya mendorong branding Kopi Lintong sebagai kopi asli Indonesia. VCF sendiri merupakan platform promosi kopi di kawasan Benua Eropa.

Hal itu termuat dalam surat pihak kedutaan kpada Bupati Humbang Hasundutan untuk mempersiapkan keikutsertaan UMKM kopi Indonesia dalam VCF 2023, antara lain adalah:

a. Pembiayaan transportasi dan akomodasi bagi asosiasi, industri kecil, UMKM atau perusahaan dan menaungi asosiasi kopi lokal di Kabupaten Humbang Hasundutan.

b. Pengadaan dan pengiriman green beans kopi unggulan ke Wina Austria.

c. Proses roasting termasuk sewa mesin roasting, honorarium bagi barista (jika di perlukan) serta aspek teknis lainnya guna menjamin KPI Indonesia yang berkualitas pada pameran di maksud.

d. Penyewaan dan pemasangan booth/stand dan dekorasi (informasi biaya terlampir) serta keperluan perlengkapan stand Indonesia, termasuk perlengkapan tasting dan cupping jika diperlukan.

Melalui VCF 2023 diharapkan akan memajukan industri kopi nasional, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani kopi hingga ke skala kecil di daerah. Dalam pandangan pihak kedutaan, kopi Lintong yang berasal dari Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara memiliki potensi branding dan ekspor.

Ketua Masyarakat Pemerhati Kopi Arabika Sumatra Lintong (Maspekal) Mula Sihombing mengharapkan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan serius mendukung program VCF 2023. Selain sebagai wadah promosi, juga berdampak pada kesejahteraan petani kopi dan pertumbuhan UMKM yang memproduksi kopi Lintong. Apalagi menurutnya, kopi Lintong adalah jenis kopi premium yang sudah populer. (DS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *