Lidya “Gas Pol” Transisi PAUD ke SD dengan Menyenangkan 

IMG 20230531 WA0017

Foto: Ny Lidya Dosmar Banjarnahor.

DOLOKSANGGUL – Ketua PKK Kabupaten Humbahas Lidya Dosmar Banjarnahor mengajak para kepala sekolah, ibu-ibu bhayangkara dan persit KCK, PKK dan DWP mendukung gerakan transisi PAUD ke SD dengan menyenangkan. Hal disampaikan Lidya saat sosialisasi di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul, kemarin.

Bacaan Lainnya

Lidya menyampaikan, transisi PAUD ke SD merupakan program yang  berisi proses untuk mendukung kesiapan belajar bagi anak usia dini yang akan memasuki jenjang SD. Proses ini juga dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar.

Menurut Lidya yang juga Bunda PAUD Kabupaten Humbahas itu, Merdeka Belajar merupakan kebijakan yang mendasari transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, dimulai sejak tahun ajaran baru. Satuan pendidikan perlu menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama (di PAUD dan SD). Dan, menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak (di PAUD dan SD).

Kemudian, Lidya menyampaikan satuan pendidikan perlu menerapkan pembelajaran dan membangun enam kemampuan fondasi anak.

Pertama, mengenal nilai agama dan budi pekerti; kedua keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi; ketiga, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar.

Keempat, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, seperti kepemilikan dasar literasi, numerasi; kelima, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri.

“Terakhir yakni pemaknaan terhadap belajar yang positif,” kata perempuan berparas cantik itu. (DS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *