Bitter Sweet Perjalanan Polri, Layanan Masyarakat oleh Polres Humbang Hasundutan

IMG 20230606 WA0002

Foto: Personil Polres Humbang Hasundutan, Sumatera Utara saat melaksanakan tugas pelayanan pengamanan dan pengayom masyarakat di kawasan objek wisata Geosite Sipinsur, Danau Toba.

POLRI adalah singkatan dari Kepolisian Republik Indonesia yang terbentuk dan terjaring dari warga negara Republik Indonesia asli, mulai dari Sabang sampai Merauke. Polri mempunyai tugas dan tanggung jawab penuh demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Indonesia, terlebih turut juga untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari gangguan keamanan atau pun pemberontak, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Bacaan Lainnya

Dalam tugas dan tanggung jawabnya, Polri sebagai pengayom bagi masyarakat tentunya selalu siap melayani masyarakat 24 jam sesuai dengan kondisi dan situasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Polri adalah sebagai salah satu instansi penegak hukum dengan mengedepankan restorative justice (penyelesaian hukum berkeadilan secara bersama-sama,red).

Dalam hal penindakan dan penegakan hukum di NKRI, maka peran Polri diharapkan untuk tetap mengedepankan jiwa “PRESISI” (Prediktif Responsibilitas Transparansi) dan Berkeadilan. Salah satu upaya menuju Polri PRESISI adalah mengedepankan restorative justice mengingat Polri adalah salah satu instansi penegak hukum, meski sudah ada UU tentang tindak pidana kejahatan.

Pentingnya kolaborasi antara Polri dengan semua pihak, termasuk media, untuk mewujudkan Polri yang PRESISI dalam setiap kegiatan maupun penegakan hukum di masyarakat. Perjalanan Polri menjaga stabilitas keamanan di tengah derasnya arus perubahan sosial dan dinamika situasi kamtibmas dalam masyarakat. Perjalanan 77 tahun Polri bekerja berlandaskan semangat pengabdian melayani dengan tulus dan ikhlas. Berpedoman pada program prioritas Kapolri guna mewujudkan Polri yang PRESISI.

“Polri telah banyak melewati tantangan tugas di era digital saat ini. Masyarakat kian kritis, terutama dalam menyampaikan aspirasinya tidak lagi menggunakan cara tradisional, namun lebih banyak disampaikan secara digital. Ruang publik dan ruang digital dipenuhi oleh hiruk pikuk isu yang terkadang mengangkat keberhasilan Polri, namun di sisi lain juga menjatuhkan citra Polri,” sebut Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho, Senin (5/6/2023) lewat media sosial akun instagram @divisihumaspolri.

Hari Bhayangkara merupakan momentum yang bersejarah bagi kepolisian di Indonesia. Sebab, Polri telah berkontribusi dengan keras untuk menjaga keamanan Indonesia dari masa penjajahan hingga sekarang. Di sisi lain, Polri telah menjadi garda terdepan Indonesia dari segala hal yang membahayakan.

Berdasarkan hal tersebut, Polri melalui Divisi Hubungan Masyarakat menyelenggarakan “LOMBA KONTEN KREATIF” untuk umum dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77 pada 1 Juli 2023 mendatang, dengan berbagai perlombaan. Adapun perlombaan yang diselenggarakan adalah sebagai berikut;

  • TikTok,
  • Film Pendek,
  • Infografis, dan
  • Fotografi, untuk kategori peserta; masyarakat umum, Polri dan TNI.
  • Cerpen, untuk kategori peserta; anak didik SD/Sederajat (kelas 4 – 6), SMP/sederajat, dan SMA/sederajat.
  • Mendongeng, untuk kategori peserta anak didik TK/sederajat (Usia 5 – 6 tahun), SD/sederajat (Usia 6 – 9 tahun).
  • Menulis Artikel Jurnalistik, untuk kategori peserta; wartawan/jurnalis.

Sementara itu, untuk lomba menulis cerpen dan mendongeng, tema yang ditentukan adalah “Polisi Baik” dan dengan Sub tema yang dapat dipilih adalah Polisi Sahabatku, Polisi Pahlawanku, dan Polisi Idolaku. Dari tujuh jenis lomba tersebut, untuk lima jenis lomba yaitu TikTok, film pendek, infografis, fotografi dan menulis artikel jurnalistik mengusung tema “Bitter-Sweet Perjalanan Polri” dengan sub temanya yaitu, Sinergitas TNI-Polri, Layanan Masyarakat, Perhatian Polri kepada Kelanjutan Penderita Difabel, Rekrutmen Polri, Kegiatan Polisi Perbatasan, Kegiatan Pengamanan Polri, dan Kampanye Pemilu Damai.

Irjen Sandi Nugroho Nugroho menambahkan, persyaratan dan ketentuan untuk masing-masing jenis lomba dapat dilihat di akun media sosial resmi milik Divisi Humas Polri di Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, Youtube, Snack Video dan Helo.

“Selain itu informasi lainnya dapat juga diakses di portal berita resmi Polri yaitu Tribratanews.polri.go.id,” jelasnya.

Adapun jadwal pelaksanaan kegiatan lomba konten kreatif tersebut diatas adalah sebagai berikut;

– Tanggal 29 Mei s.d. 15 Juni 2023, Pendaftaran lomba, melalui website TBNews di tribratanews.polri.go.id.

– Tanggal 16 Juni 2023, kurasi hasil karya.

– Tanggal 17 s.d. 20 Juni 2023, penjurian.

– Tanggal 21 Juni 2023, pengumuman pemenang, dilaksanakan secara live streaming melalui media sosial resmi Divisi Humas Polri.

– Tanggal 27 Juni 2023, Awarding Day, pemberian penghargaan oleh Kapolri kepada para pemenang.

Irjen Pol Sandi Nugroho menuturkan, melalui lomba konten kreatif, bukanlah sekedar lomba biasa, melainkan untuk mengakomodasi kreativitas masyarakat umum, TNI, Polri, dan pelaku jurnalis, serta sebagai lompatan-lompatan Polri di tengah transformasi yang dinamis.

Kinerja Polres Humbang Hasundutan Mewujudkan “Polri PRESISI”

Pantauan awak media ini di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara tentang kinerja Polri berjalan dengan aktif sesuai dengan tugas dan tanggung jawab Polri.

IMG 20230505 WA0000
Foto: Konferensi pers keberhasilan pengungkapan kasus pencurian kendaraan bermotor oleh Polres Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Polres Humbahas saat ini yang dipimpin oleh AKBP Hary Ardianto selalu bersinergi dalam mengayomi dan melayani masyarakat. Bekerja dengan hati yang ikhlas dan tulus, selalu mengutamakan program kerja Kapolri dalam mengemban tugas sebagai Polri yang “PRESISI”, serta selalu mendukung program pemerintahan Kabupaten Humbang Hasundutan. Mulai dari pengamanan, penertiban lalu lintas, penegakan hukum dalam tindak pidana kejahatan. Bahkan dalam berbakti sosial bagi masyarakat yang terkena musibah. Terlebih lagi dalam upaya untuk menjaga kamtibmas di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, dan lapisan masyarakat.

Berbagai tugas yang berhasil dilaksanakan, seperti:

– Dalam percepatan vaksinasi Covid -19 tahun tahun silam, Polres Humbahas turut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Humbahas melalui dinas kesehatan dengan cara mengadakan tenda untuk tempat vaksinasi. Salah satu contoh di Polsek Doloksanggul dan di kawasan objek wisata seperti Geo Park Sipinsur. Ikut serta mengarahkan seluruh masyarakat untuk selalu menjaga prokes dan turut serta membagikan masker kapada setiap warga yang tidak menggunakan masker.

IMG 20230606 WA0005
Foto: Kegiatan sosial personel Polres Humbang Hasundutan, Sumatera Utara dengan aksi donor darah.

– Dalam penanganan tindak pidana, Polres Humbahas berhasil mengungkap beberapa kasus kriminal pencurian motor (curanmor) di Doloksanggul yang mana pelaku bersama hasil curian mereka dapat diringkus di hingga ke wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli tengah.

– Dalam penertiban lalu lintas, Polantas Polres Humbahas selalu aktif menjalankan tugas untuk menertibkan lalu lintas di wilayah Kabupaten Humbahas serta menjalankan tugas seperti Operasi Patuh Toba, Operasi Pekat, dan juga Operasi Zebra, serta Operasi Ketupat dan Operasi Lilin.

Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Kapolres Humbahas terus menerus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pemerintah Humbang Hasundutan dengan kerja tulus dan ikhlas, serta menyelenggarakan bhakti sosial, donor darah, menjalin kerjasama yang baik dengan semua pihak, turut membantu masyarakat dalam gotong royong, dan lain sebagainya.

Harapan masyarakat dan juga pelaku pers/jurnalistik ke depan kiranya Polri tetap berbuat baik dalam melayani masyarakat menuju Polri yang PRESISI. Terutama harapan agar Polri lebih menjalin kerjasama dengan baik atau berkolaborasi dengan awak media dalam hal pemberitaan setiap kegiatan dan kinerja Polri.

Semoga kiranya Polri semakin bekerja keras dalam mengemban tugas dalam menganyomi dan melayan masyarakat dengan tulus dan ikhlas, serta selalu sigap dan tanggap dalam menanggapi setiap laporan dan pengaduan masyarakat, serta lebih berkeadilan dalam menyelesaikan setiap permasalahan, sehingga Polri semakin disayangi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. (*)

Penulis: Demak Siburian, seorang jurnalis yang berdomisili di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *