Dosmar: Kepala Sekolah Berperan Turunkan Stunting

IMG 20230605 WA0034

Foto: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor bersama para kepala sekolah dasar.

DOLOKSANGGUL – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menekankan bahwa kepala sekolah juga berperan dalam menurunkan angka stunting. Hal itu disampaikan Dosmar saat rapat bersama para kepala sekolah dasar di SDN 173403 Sirisirisi Doloksanggul, Senin (5/6/2023). 

Bacaan Lainnya

Dosmar menjelaskan, semua pihak harus terlibat untuk menurunkan angka stunting. Bahkan perlu ada kerjasama seluruh elemen masyarakat.

Menurutnya, ada 5 fase yang harus diperiksa dan diperhatikan secara rutin. Pertama remaja putri, kedua calon pengantin, ketiga ibu hamil, keempat ibu melahirkan, dan kelima anak yang lahir umur 0-59 bulan.

“Ini harus diurus, mereka ada di sekitar kita, di sekitar sekolah. Maka kepala sekolah ikut ambil peran dan tanggungjawab. Harus berperan aktif. Dilakukan dengan benar-benar, diminta tak diminta, diingatkan atau tidak diingatkan harus kita laksanakan,” katanya.

Kepala sekolah, lanjut Dosmar, harus bisa menjelaskan apa itu stunting. Kesehatan urusan semua pihak, bukan hanya urusan tenaga kesehatan.

“Target kita, stunting secara bertahap harus turun, kunjungi rumah warga bekerjasama dengan bidan desa dan kepala desa. Mulai sekarang, kita harus bekerja serius, kita harus peduli, ini tanggungjawab bersama. Kalau tidak ada lagi stunting, kita semua sehat, maka masa depan jauh lebih baik,” tegas Dosmar. (DS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *