Rumah Hangus Terbakar Saat Ditinggal Pemiliknya

IMG 20240108 WA0015
Rumah warga yang hangus terbakar di Kabupaten Tapanuli Utara yang ditinggal pemiliknya

TAPUT – Ditinggal pergi pemiliknya ke luar kota, sebuah rumah semi permanen di Dusun Ambar, Desa Simangumban Julu, Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara (Sumut) hangus terbakar, Minggu (7/1/2024) sore pukul 15.30 WIB. Seluruh isi rumah ludes.

Kasi Humas Polres Taput, Aiptu W. Baringbing mengatakan rumah yang terbakar milik Uluan Tumanggor (43).

Bacaan Lainnya

“Saat peristiwa itu, rumah tersebut sedang kosong karena ditinggal pemiliknya ke Pekan Baru membawa anaknya berobat,” katanya, Senin (8/1/2024).

Aiptu Baringbing menjelaskan selama ditinggal pergi, rumah tersebut dititipkan kepada dua orang warga untuk mengawasinya.

“Namun saat itu, kedua warga tersebut yang juga sebagai saksi sedang berada di sebuah warung dekat rumah yang terbakar. Tiba-tiba mereka berdua mendengar ada suara menyebut api. Keduanya pun berlari, dan setibanya di tempat kejadian, melihat kabel listrik yang tepat berada di atas rumah sedang menyala, dan apinya langsung menjalar ke atap hingga ke asbes,” terang Baringbing.

Dijelaskan, saat api sudah membesar, kedua saksi sempat masuk ke dalam rumah untuk menyelamatkan barang-barang, namun dengan cepat api membesar dan membakar dinding rumah terbuat dari kayu yang sudah tua.

“Akibatnya kedua saksi pun keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri tanpa bisa berbuat apa-apa, dan warga sempat berusaha memadamkan api dengan menyirami dengan air namun tidak berarti,” kata Aiptu Baringbing.

Sekitar 1 jam kemudian, pihak kepolisian dan mobil Damkar tiba di lokasi. Kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan.

“Polres Taput sudah melakukan olah TKP serta mengamankan lokasi kebakaran untuk melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut secara pasti. Dan dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan 100 juta rupiah,” Kasi Humas Polres Taput menambahkan. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *