Satika Simamora Ungkap Kriteria Calon Bupati Taput Pengganti Nikson Nababan

IMG 20240306 WA0036
FOTO: Satika Simamora Caleg PDI P diprediksi lolos jadi DPRD Sumatera Utara periode 2024-2029 diwawancara SNT di Desa Sitompul pada Rabu 6 Maret 2024, (Foto: SNT/Jumpa Manullang)

TARUTUNG – Satika Simamora calon legislatif (Caleg) PDI Perjuangan dari Dapil IX (Taput, Humbahas, Toba, Samosir, Tapteng dan Sibolga) yang dipastikan akan dilantik jadi pejabat negara menjadi anggota DPRD Sumatra Utara periode 2024-2029, mengungkap tiga kriteria yang patut dimiliki sosok Calon Bupati Taput pengganti suaminya.

Satika menyebut tiga kriteria yang ia doakan, yaitu memiliki hati yang mengasihi (berkarakter baik), bijaksana dan mampu memberi solusi.

Bacaan Lainnya

Katanya, sosok orang yang baik hati itu, harus ingat, walaupun sudah posisi di atas, tetap harus rendah hati, sabar, kuat, dan berserah kepada Tuhan apapun yang terjadi.

“Mereka (baik hati) selalu berempati dan pengertian, walau kondisi apapun, selalu bersedia menempatkan diri pada posisi orang lain. Mereka berusaha keras untuk membantu orang lain dan selalu mencari cara untuk memengaruhi lingkungan secara positif,” kata Satika Simamora diwawancara disela Grand Opening Turnamen Catur YNSP CUP III tingkat pelajar Taput, Rabu, (6/2/2024).

“Dari oppung (nenek moyang) kita orang Batak sudah diajarkan belajar mengahadapi kehidupan yang keras. Jadi harus orang yang berkarakter baik dan punya kesabaran yang cukup tinggi menjadi pemimpin kita di Tapanuli Utara,” imbuhnya.

Satika mengatakan jika ingin jadi pemimpin, jangan hanya mengandalkan kepintaran belaka. Bahwa sebenarnya kepintaran akademis itu bisa diasah setiap individu seiring waktu dengan modal ketekunan dan doa kepada yang kuasa.

“Kalau kepintaran pasti semua orang bisa asah. Tetapi kebijaksanaan, kesabaran dan hati yang baik dan punya kasih belum tentu semua orang punya atau mampu,” katanya.

“Jadi harapan saya ke depan harus orang yang baik yang memimpin kita suku Batak (Tapanuli Utara) supaya apa? supaya semua menjadi baik. Aminn,” doa Satika.

Belum Ada Keputusan

Ketika disinggung bagaimana niatnya melanjutkan program pembangunan yang digagas oleh suaminya Nikson Nababan, tercermin di wajah ayu Satika belum bisa memutuskan berniat atau tidak ikut maju pada Pilkada Taput 2024.

“Tidak mungkin saya niat kalau orang lain tidak berniat. Artinya kalau saya pribadi yang harus sodorkan diri saya, sama saja menunjukkan kesombongan saya,” katanya.

“Dan Artinya lagi, kalau orang lain tidak menginginkan, atau tidak membutuhkan kita, apalagi tidak sayang sama kita, untuk apa kita menyodorkan diri kita?. Jadi sebaiknya memang harus dari masyarakat yang mau mendoakan kita dan membutuhkan ataupun menyayangi kita supaya kita jadi semangat dan mampu berdiri kuat (maju),” ungkap istri bupati dua periode itu.

Perahu Lengkap

Disadur dari salinan surat berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil perhitungan suara calon anggota DPRD Taput di lima daerah pemilihan oleh KPU Kabupaten Taput pada pemilu 2024, 9 (sembilan) caleg PDI Perjuangan diprediksi lolos mengisi 35 kursi DPRD di daerah itu.

Dengan potensi 9 kursi itu, Satika Simamora cukup layak digadang tanpa mengandeng parpol lain.

Disalin dari data hasil rekapitulasi Model D Partai PDI-P meraih 9 kursi itu atas nama Andri Hamonangan Nababan (2.514 suara), Frido Erwin Sinaga (1.618 suara), Marhasak Partomuan Nababan (3.824 suara) dan Sabungan Parapat (2.388 suara).

Kemudian, Sondang Simaremare (2.424 suara), Arifin Rudi Nababan (2.490 suara), Anju Tampubolon (2.441 suara), Jimmi L Tambunan (2.741 suara) dan Jono Panjaitan (3.216 suara). (SNT/JM)

 

Tarutung, 6 Maret 2024
Penulis: Jumpa Manullang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *