Pj Gubsu Hassanudin Diminta Pilih Kepsek Terbaik di SMAN 3 Tarutung

IMG 20240308 WA0006
Teks foto: Dr Jonius Taripar P Hutabarat anggota Komisi E DPRD Sumatera Utara. Foto : SNT/Jumpa Manullang)

TAPUT – Anggota Komisi E DPRD Sumatra Utara Dr Jonius Taripar P Hutabarat bersama Komite Sekolah SMA Negeri 3 Tarutung Dr Erikson Sianipar mengharapkan penempatan calon kepala sekolah (kepsek) berkompetensi teruji di SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut.

Alasan dua pria bergelar doktor akademik tersebut logis, bercermin dari kualitas lulusan selama 11 tahun di bawah tangan lembut Dalles Tambunan yang segera memasuki masa pensiun.

Bacaan Lainnya

Mereka berharap kepada Pj Gubernur Sumut Hassanudin, agar senantiasa proses seleksi yang sedang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Sumut mengacu pada prinsip “the right man on the right place”.

Menurut Jonius Taripar P Hutabarat, penempatan kepala sekolah baru pengganti Dalles Tambunan di SMA N 3 Tarutung patutnya dari gen atau organ internal sekolah tersebut.

“Harapan kita pengganti kepala sekolah (Dalles Tambunan) adalah sosok yang sudah tahu mengembangkan SMAN 3. Kita berharap salah satu dari wakil kepala sekolah yang bisa mengganti di sana,” kata Jonius Taripar P Hutabarat dari Komisi E DPRD Sumatra Utara Dapil IX kepada SNT, Jumat (8/3/2024).

Jonius begitu yakin dengan proses kaderisasi kepemimpinan internal sekolah itu. Khususnya pola didik dan sistem pembelajaran yang mereka terapkan bersama selama bertahun-tahun.

“Jadi gennya sejalan dengan pak Tambunan, kita berharap bukan orang baru yang belum tentu paham dan mengerti pola pembelajaran di sana. Supaya tidak mundur ke belakang,” kata politisi Partai Perindo itu.

Demikian dengan Dr Erikson Sianipar, Komite Sekolah SMAN 3 Tarutung juga begitu yakin kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Utara dalam hal ini Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provsu pasti mengajukan yang terbaik untuk ditempatkan di sekolah itu.

“Saya percaya kepada Alfred Silalahi melihat proses kaderisasi kepemimpinan internal SMA N 3 Tarutung selama ini. Juga dalam hal ini kepada Pj Gubernur Hassanudin yang berlatar belakang jenderal TNI AD, ” respons Erikson Sianipar dihubungi wartawan SNT Jumat (8/3/2024).

IMG 20240308 WA0007
Teks Foto: Dr Erikson Sianipar Komite Sekolah SMAN 3 Tarutung juga ketua DPC Partai Gerindra Tapanuli Utara. (Foto : SNT/Jumpa Manullang)

Kedua tokoh penyandang gelar doktor akademik yang kini berkarir di dunia politik, sama-sama sepakat dengan asa Dalles Tambunan agar masa depan dan harumnya SMA Negeri 3 Tarutung abadi bertahan mampu bersaing di Sumut maupun tingkat nasional.

Diwartakan SNT sebelumnya, 11 tahun SMAN 3 Tarutung masuk peringkat 20 SMA terbaik Sumut. Sekolah itu kini berusia 11 tahun. Sejak berdiri, berhasil loloskan ratusan alumni lanjutkan studi di puluhan perguruan tinggi favorit dalam dan luar negeri.

Keberhasilan itu tidak lepas dari bakti yang diperjuangkan jajaran tenaga pendidik atau guru di sana. Khususnya lewat tangan lembut Dalles Tambunan selaku kepala sekolah sejak SMA itu dibuka tahun 2013 lalu.

Dalles Tambunan mengatakan ratusan lulusan atau alumni sekolah yang dipimpinnya sudah menyebar ke PTN favorit. Misalnya sekolah kedinasan bahkan beasiswa ke Canada dan negara lain.

“Tiga murid saya telah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi ternama di luar negeri seperti Canada. Dan 70 alumni SMA N 3 lolos studi kedinasan Kementerian Keuangan STAN Jakarta”, kata Dalles Tambunan.

Dalles menyebut untuk sekolah kemiliteran baru satu orang siswa jurusan sosial lolos di Akademi Kepolisian Semarang yakni putra asli asal Kecamatan Sipahutar, Tapanuli Utara, Sumut.

Asa Pasca Pensiun

Dalles Tambunan merupakan lulusan sarjana strata satu jurusan Bahasa Indonesia bakal pensiun pada 10 Maret 2024 . Dia berharap agar calon pengganti dia mampu menjaga keharuman almamater SMA Negeri 3 Tarutung.

“Tanggal 10 Maret ini terakhir saya akan tercatat sebagai PNS aktif karena sudah masuk pensiun. Semoga Pj Gubsu bijaksana menempatkan pengganti saya. Yang akan mampu memajukan SMA ini nanti,” ungkap Dalles Tambunan dengan wajah ekspresi sendu kepada Opsi diwawancara, Kamis (7/3/2024).

Dia berpesan kepada jajaran tenaga pendidik bahkan Kepala Sekolah yang baru akan mampu lebih profesional hantarkan alumni rebut kursi PTN ternama .

Berproses

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Sumatra Utara Drs Alfred Hasiholan Silalahi MSi membenarkan masa persiapan pensiun Dalles Tambunan.

IMG 20240307 WA0061
Teks foto : SMA Negeri 3 Tarutung berada di Jalan SM Simanjuntak Tarutung. (Foto : SNT/Jumpa Manullang)

Kata Alfred, internalnya telah mengajukan nama calon kepala sekolah ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Utara dan sedang diproses oleh Pj Gubsu Hasanuddin.

“Sudah kita ajukan sebulan lalu dari Internal,”singkat Alfred merespons tanpa menyebut inisial atau nama ASN serta jumlah calon pengganti Dalles pada Kamis 7 Maret 2024. (SNT/JM)

 

Tarutung, 8 Maret 2024
Penulis : Jumpa Manullang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *