Pj Bupati Sugeng Riyanta Hadiri Puncak Harganas Ke-31 di Jateng

IMG 20240630 180512
Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta Hadiri Puncak Harganas Ke-31 Di Kota Semarang Jateng.

JAWA TENGAH – Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun 2024 yang dipusatkan Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/06/ 2024).

Peringatan Harganas ini secara  resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dan dihadiri oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Bacaan Lainnya

Harganas tahun ini mengusung tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”.

Tema itu sejalan dengan Visi dan Misi BKKBN dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang memiliki kualitas dan mumpuni.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan bahwa keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat. Itu sebagai tempat bernaung, saling mencintai dan melindungi.

“Dari keluarga inilah akan dilahirkan putra putri generasi penerus penentu masa depan. Keluarga berperan mewariskan nilai luhur kehidupan dalam penentu pembangunan bangsa dan negara,” katanya.

“Mari kita jadikan momentum Harganas ini menjadi momentum yang penting bagi kita semua untuk menghidupkan kembali fungsi keluarga,” sambung Hasto.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, Indonesia akan mengalami bonus demografi yang lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

“Perhitungan kita akan terjadi tahun 2030, tahun 2035 kita akan mengalami aging population. Berdasarkan data yang ada, saat ini kita ternyata telah memasuki era bonus demografi,” kata Muhadjir.

Maka dari itu, Menko PMK mengatakan perlu ada kerja keras dalam upaya menyiapkan keluarga yang betul – betul berkualitas yang memiliki ketahanan kokoh dan berdaya saing.

“Menyiapkan keluarga yang berkualitas, yang memiliki daya saing, ketahanan kokoh, keluarga yang sakinah, kita perlu kerja keras. Itu tanggung jawab kita semua,” ucap dia.

Di akhir sambutannya Menko PMK menyoroti tentang pencegahan dan penanganan Stunting di Indonesia sebagai isu utama.

Penanganan stunting menjadi permasalahan bersama pemerintah tahun 2024, seiring dengan target Indonesia menjadi 14% pada tahun 2024.

Perayaan Hari Keluarga Nasional 2024 ini menjadi momentum berharga untuk merefleksikan peran keluarga dalam pembangunan bangsa. Diharapkan dapat bergandeng tangan mensinergikan dalam gerakan dan langkah keluarga Indonesia dalam Pencegahan Stunting.

Puncak Harganas ke-31 ini, dihadiri kurang lebih 10.000 peserta dan turut dihadiri para Kepala Daerah Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia, Plt Kadis PPKB Asdani Padang, dan Plt Kadis Kesehatan Tapteng, serta tamu undangan lainnya. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *