Babinsa Harus Bermitra Dengan Kepala Desa

oleh
Babinsa Hadiri Pelantikan Kepala Desa.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, NIAS – Kapten Inf Lase mengatakan Babinsa merupakan Bintara Pembina desa dalam melaksanakan tugas dilapangan sebagai ujung tombak aparat territorial serta diharapkan mampu menampilkan sikap prajurit yang baik dan menjadi panutan di tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Kapten Inf Lase ketika menjadi pembicara diacara serah terima Kades terpilih di 5 desa wilayah kecamatan Namohalu Esiwa, Senin, (8/1/2018).

“Babinsa sebagai pelopor masyarakat harus mampu mengikuti perkembangan situasi akibat dampak berbagai kehidupan masyarakat dengan gerak maju pembangunan. Monitoring perkembangan situasi diwilayahnya meliputi fisik dan non fisik sehingga setiap perubahan dalam konteks geografi, demografi dan kondi sosial dapat diikuti dengan baik,” ucap Pasiter.

Dia memaparkan, bahwa dalam pelaksanaan tugas dilapangan, Babinsa harus dituntut untuk selalu aktif mengetahui setiap perkembangan yang terjadi dimasyarakat, salah satunya adalah kegiatan temu cepat dan lapor cepat merupakan kegiatan langkah awal yang tepat. Kegiatan pengumpulan keterangan dengan teknik yang handal dan akurat kiranya sulit mencapai sasaran.

“Dalam melaksanakan fungsinya, Babinsa sebagai ujung tombak paling depan untuk mendukung keberhasilan tugas babinsa harus ada bermitra kerja dengan kepala desa,” pungkasnya.

Kelima Kepala Desa yang dilantik untuk wilayah kecamatan Namohalu Esiwa, yakni Kepdes Namohalu, Fatiwaso Harefa, Kepdes Dahana Hiligodu, Aserieli Harefa, Kepdes Berua, Dafania Gea, Kepdes Sisarahili, Menitehe Harefa dan Kepdes Tuhenakhe I, Bezisokhi Harefa. (ril penrem023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *