Ini 3 Bahaya Menahan Kencing, Bagikan Info ini

  • Whatsapp
Ilustrasi Menahan Kencing. FOTO: OZ/internet.

Smart News Tapanuli – Pernah menahan kencing, dan rasanya bagaimana, serta apa efeknya? Ya, banyak yang menjadi alasan kenapa harus menahan kencing. Misalnya, dengan alasan terjebak macet, tidak menemukan toilet, atau tidak ingin meninggalkan sebuah acara yang dianggap sangat penting.

Ternyata, terlalu lama dan sering menahan kencing dapat berbahaya juga bagi kesehatan Anda.

Kebiasaan itu dapat merusak fungsi otot berkemih, meningkatkan risiko infeksi saluran kencing, dan bahkan menyebabkan kerusakan ginjal.

Untuk diketahui, kantung kemih pada orang dewasa dapat menampung hingga setengah liter urine. Dan kapasitas ini umumnya memadai dan tidak tercapai maksimal dalam keadaan normal. Tetapi dalam beberapa kondisi tak jarang kantung kemih terisi penuh dan harus segera dibuang dengan buang air kecil.

Situasi itu tidak menjadi masalah saat saluran kencing Anda sehat dan normal. Karena regangan kantung kemih akan memicu kontraksi otot katupnya dan Anda dapat menahan kencing tanpa ada masalah.

Akan tetapi yang berbeda akan terjadi jika Anda sudah terlalu sering melakukan kebiasaan tersebut, atau terdapat gangguan yang memengaruhi di saluran kencing Anda, seperti pembesaran prostat dan penyakit ginjal.

Ketika Anda terlalu sering menahan buang air kecil, berbagai dampak buruk bisa terjadi pada tubuh Anda, yakni:

1. Infeksi Saluran Kencing (ISK).

Hanya menahan buang air kecil memang tidak serta merta menyebabkan Infeksi Saluran Kencing (ISK). Sebab ISK terjadi saat kuman masuk ke dalam saluran kencing, dan tidak buang air kecil secara reguler dapat meningkatkan risiko kuman berkumpul dan berkembang di kantung kemih.

2. Melemahnya otot kantung kemih dan katupnya.

Kontraksi otot yang lama saat menahan buang air kecil dapat merusak fungsi otot berkemih. Jika otot-otot ini menurun fungsinya, yang dapat terjadi adalah Anda menjadi sulit untuk menahan air kecil bahkan mengompol.

3. Kerusakan ginjal.

Menahan buang air kecil dapat menyebabkan infeksi bahkan kerusakan ginjal. Ketika Anda menahan buang air kecil, aliran urine dapat berbalik naik ke ginjal dan memperbesar risiko infeksi bahkan mengganggu fungsi ginjal itu sendiri.

Untuk diketahui, buang air kecil merupakan respon alami tubuh untuk menjaga keseimbangannya. Untuk itu hindarilah menahan kencing.

Disarankan untuk penggunaan popok dewasa agar dapat menjadi salah satu solusi praktis mencegah keinginan buang air kecil mengganggu aktivitas Anda.

Kendati demikian, perhatikan juga pemilihan popok dewasa saat Anda kesulitan dalam menahan kencing. Pastikan bahwa Anda memilih popok dewasa yang berkualitas, seperti popok dewasa Confidence yang menggunakan bahan dengan kualitas serapan terbaik, sehingga kulit terbebas dari iritasi.

Popok dewasa Confidence yang hadir dengan tagline The Expert of Adult Care merupakan popok dewasa dengan kualitas prima yang terbukti telah meraih banyak penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, Confidence adalah satu-satunya popok dewasa yang teruji klinis oleh Australian Dermatologist sebagai popok dewasa yang aman bagi kulit sensitif dan telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Sebagai merek yang ahli di bidangnya, Confidence selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi konsumennya lewat berbagai inovasi. Saat ini popok dewasa Confidence tersedia dalam dua tipe, yaitu tipe perekat dan celana dalam.

Tipe perekat dikhususkan untuk Anda yang berusia lansia dan menderita penyakit tertentu. Lapisan luarnya yang berbahan cloth-like sangat lembut. Teknologi sirkulasi udaranya menimbulkan sensasi sejuk dan daya serap ekstranya menimbulkan rasa vnyaman ketika digunakan. Tak hanya itu, ekstrak aloe vera menghindarkan kulit dari iritasi.

Nah, untuk tipe celana dalam sendiri dibuat untuk mengakomodir aktivitas masyarakat urban dengan segudang kegiatan. Dengan bentuknya yang slim, tidak menggembung dan pas di badan akan membuat Anda ekstra nyaman, serasa menggunakan celana dalam biasa.

Dengan Confidence, kini Anda tak perlu lagi menahan kencing saat ingin buang air kecil, namun situasi kurang mendukung, seperti sedang berada di tengah kemacetan.

Dianjurkan, untuk mendapatkan kenyamanan maksimal dan popok tak mudah bocor, pilihlah popok dewasa yang pas dengan ukuran Anda. (klikdokter.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *