5 Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang, Nomor 5 Penting untuk Wanita

  • Whatsapp
Screenshot-2018-3-8 foto jantung pisang okezone - Google Search/int.

Kesehatan – Pisang menyimpan banyak kandungan gizi dan mineral. Namun tak banyak yang tahu bahwa selain buah pisang, bunga pisang, atau yang lebih dikenal sebagai jantung pisang yang tumbuh di bagian bawah buah pisang, ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Dikutip dari livestrong dan healthbenefittimes, klikdokter, dibawah ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh apabila rutin mengonsumsi jantung pisang, antara lain:

1. Menyembuhkan infeksi

Jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi karena mengandung etanol, yang dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Tidak hanya infeksi, jantung pisang juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah pertumbuhan malaria.

Dalam sebuah penelitian tentang hal ini pernah diterbitkan pada 2010. Mumtaz Jahan penulis penelitian tersebut mengatakan bahwa ekstrak etanol yang diperoleh dari jantung pisang, memiliki manfaat tersebut.

2. Mengatasi diabetes dan anemia

Jantung pisang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat dan zat besi pada jantung pisang dapat membantu memproduksi sel darah merah.

3. Meningkatkan laktasi

Bagi para ibu yang sedang menyusui, jantung pisang sangat baik dikonsumsi. Selain itu, jantung pisang juga dipercaya dapat menjaga kesehatan rahim dan mengatasi sembelit selama masa kehamilan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengombinasikan jantung pisang dengan rempah-rempah.

4. Melawan radikal bebas

Antioksidan yang dimiliki oleh jantung pisang dapat memerangi radikal bebas serta dapat membantu mengobati kanker dan penuaan dini. Agar memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan suplemen kesehatan untuk meningkatkan manfaat dari sifat antioksidannya.

5. Masalah menstruasi

Dilihat pada situs Himalayan Home Remedies, mengonsumsi jantung pisang dengan yoghurt adalah salah satu cara paling efisien untuk mengobati perdarahan yang berlebihan saat menstruasi. Kombinasi ini dapat meningkatkan progesteron dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat mengurangi perdarahan yang berhubungan dengan menstruasi.

Kalau Anda pergi ke pasar tradisional atau pasar swalayan dan menemukan jantung pisang yang dijajakan bersama sayur-sayuran lainnya, jangan ragu untuk menjadikannya variasi dalam menu makan Anda. Dengan pengolahan dan pemakaian bumbu yang tepat, jantung pisang tak hanya lezat, namun juga membawa manfaat bagi kesehatan Anda. Meskipun demikian, konsumsilah secukupnya dan jangan berlebihan. (klikdokter.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *