Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 123/Rajawali Gagalkan Penyelundupan Sabu

  • Whatsapp
Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Darat RI-Malaysia mengamankan 1 (Satu) alat hisap dan narkoba jenis sabu-sabu siap edar dari tangan RU (33) warga Dusun Lalang, Desa Nanga kantuk, Kecamatan Empanang, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu, (11/3/2018) malam.

Sibolga – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Darat RI-Malaysia mengamankan 1 (Satu) alat hisap dan narkoba jenis sabu-sabu siap edar dari tangan RU (33) warga Dusun Lalang, Desa Nanga kantuk, Kecamatan Empanang, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu, (11/3/2018) malam.

Kronologi kejadian berawal dari perintah lisan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 123/RW, Letkol Inf Akbar Nifrizal Yusananto S.I.P untuk melaksanakan kegiatan patroli pengendapan rutin di jalan-jalan tikus sepanjang perbatasan RI-Malaysia. Kemudian perintah tersebut ditindakanjuti oleh Komandan SSK II, Kapten Inf Mansyur Her Alam.

Bacaan Lainnya

Patroli pengendapan dibagi 2 tim di dua 2 titik wilayah. Alhasil sekira pukul 22.15 WIB di jalan tikus Sei Mawang, melintas 1 (Satu) unit sepeda motor (SPM) dari arah Malaysia menuju Indonesia yang dikemudikan oleh RU.

Selanjutnya RU dicegat dan diperiksa oleh tim. Dalam pemeriksaan dilapangan, didapatkan 1 (Satu) buah alat hisap sabu (Bong). Kemudian tim yang melakukan pemeriksaan secara detail terhada RU, didapatkan 5 paket sabu-sabu yang dimasukkan dalam sebuah senter di sepeda motor milik tersangka.

Total barang bukti sabu-sabu yang disita dari RU seberat 6.6 gram, 1 alat hisap (Bong), 2 unit HP dan uang tunai sejumlah Rp.165.000 serta sepeda motor tersangka.

Untuk tindakan selanjutnya, tim patroli pimpinan Kapten Inf Mansyur melaporkan kepada Dansatgas Pamtas Yonif 123/RW, kemudian menyerahkan tersangka RU berikut barang bukti kepada pihak Kepolisian Polsek Puring Kencana untuk dilaksanakan pengembangan terhadap kasus tersebut dan proses hukum selanjutnya.

Dansatgas Pamtas Yonif 123/RW, Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto S.I.P mengatakan bahwa salah satu tugas pokok selaku Satgas Pamtas RI-Malaysia adalah mencegah perbatasan dijadikan tempat perlintasan barang-barang illegal khususnya Narkoba.

“Tersangka telah diserahkan kepada kepolisian untuk proses hukum selanjutnya,” ujar Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto.

Dia menambahkan, khusus dalam melawan peredaran Narkoba ini, Satgas yang dipimpinnya tidak akan main-main dan berkomitmen untuk bersungguh-sungguh dengan mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki satuan.

“Hal ini dibuktikan dengan keberhasilannya menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Desa Nanga Kantuk, Kabupaten Kapuas Hulu,” tegasnya. (snt/penrem 023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *