Konsumsi 5 Buah ini Bila Ingin Paru-paru Anda Sehat

  • Whatsapp
ilustrasi Dokter Cek Paru-Paru. FOTO: int/OZ.

Kesehatan – Salah satu organ vital manusia adalah paru-paru yang mempunyai peran utama dalam sistim pernapasan, dan berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Untuk diketahui, kalau paru-paru telah mengalami gangguan, sehingga aliran oksigen dapat terganggu dan meningkatkan risiko penyakit paru-paru.

Bacaan Lainnya

Dengan begitu, dianjurkan agar Anda senantiasa menjaga kesehatan paru-paru.

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru-paru, yakni dengan berolahraga olahraga secara teratur, menghindari paparan polusi, serta mengonsumsi makanan sehat.

Mengenai makanan, ada beberapa jenis makanan dibawah ini yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru Anda:

1. Apel.Dalam sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa orang-orang yang makan dua sampai lima apel dalam seminggu memiliki risiko asma 32 persen lebih rendah, dibandingkan dengan orang yang makan apel lebih sedikit. Senyawa flavonoid dianggap bertanggung jawab atas menurunnya risiko penyakit asma.

2. Blewah.Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat menangkal kerusakan paru dengan melawan radikal bebas. Sebuah studi tentang anak-anak prasekolah di Jepang menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan vitamin C tinggi cenderung terhindar dari asma. Meskipun vitamin C dapat ditemukan pada banyak buah dan sayuran, kandungan vitamin C yang melimpah dapat ditemukan pada blewah, jeruk, kiwi, brokoli, dan kubis.

3. Wortel.Wortel terkenal akan kandungan beta-karoten. Sebuah studi menunjukkan bahwa beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dapat mengurangi kejadian asma akibat olahraga. Selain itu, wortel dipercaya dapat menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, wortel juga dapat membantu menurunkan penyakit jantung, kanker, dan alzheimer. Tidak hanya wortel, beta-karoten juga dapat ditemukan pada buah dan sayuran yang memiliki warna cerah seperti paprika hijau, buah persik, dan ubi jalar.

4. Bawang putih. Bawang putih memiliki khasiat antiinflamasi. Banyak orang yang menggunakannya untuk mengatasi wasir sampai infeksi virus. Antioksidan yang terdapat di bawang putih, yaitu allicin, telah terbukti menghasilkan asam yang dapat menghancurkan radikal bebas.

5. Alpukat. Alpukat mengandung glutathione, antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Demikianlah beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Penting untuk di ingat agar Anda selalu memastikan udara yang masuk ke dalam rumah adalah udara sehat. Kemudian, sebagai upaya preventif, pakailah masker untuk menghindari paparan polusi di ruang terbuka.

Sumber: klikdokter.com.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *