Bupati Tapteng Berhasil Yakinkan Pemprovsu, BKP Rp54 Miliar Digelontorkan Bangun Jembatan di Barus

  • Whatsapp
Sekdakab Tapteng Drs Hendri Susanto Lumbantobing MSi didampingi Plt Kepala Bappeda Tapteng Drs Antonius Simanjuntak.

Tapanuli Tengah – Setelah dilantik, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Wakil Bupati Darwin Sitompul berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur daerah.

Salah satunya, upaya mempercepat pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Kampung Mudik dengan Desa Bungo Tanjung, Desa Ujung Batu dan Desa Kinali di Kecamatan Barus.

Hal ini dikatakan Sekdakab Tapteng Drs Hendri Susanto Lumbantobing MSi didampingi Plt Kepala Bappeda Tapteng Drs Antonius Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/3/2018).

Bupati Tapteng berhasil meyakinkan Pemprovsu dengan proposal usulan pembangunan infrastruktur jembatan di Kabupaten Tapteng melalui APBD Provinsi Sumatera Utara TA 2018, dan alokasi anggarannya Rp54 miliar telah ditetapkan melalui surat keputusan Gubernur Sumut.

“Proposal pembangunan jembatan dimaksud bernomor: 050/1561/2017, tanggal 5 Juli 2017,” ujar Hendri Lumbantobing.

Selama ini, pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Kampung Mudik dengan Desa Bungo Tanjung, Desa Ujung Batu dan Desa Kinali Kecamatan Barus, belum pernah diusulkan siapapun juga.

Karena tidak pernah bermimpi dan terbayangkan akan terwujud mengingat dana yang dibutuhkan sangat besar hingga mencapai puluhan miliar, dan tidak dimungkinkan akan dibantu.

“Perlu kami tegaskan, jangan ada pihak lain yang seolah-olah pernah mengusulkan pembangunan jembatan ini sebelumnya,” kata Hendri Susanto diamini Antonius.

Dia menambahkan, dalam kurun waktu beberapa bulan Pemkab Tapteng di bawah kepemimpinan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil BupatiDarwin Sitompul, baru ada mengusulkan pembangunan jembatan tersebut ke Pemprovsu melalui alokasi dana Bantuan Keuangan Provinsi (BKP).

Dengan terealisasinya alokasi dana BKP Rp54 miliar ini, Pemkab Tapteng berterima kasih kepada Gubernur Sumut Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi dan anggota DPRD Sumut Dapil IX.

Pembangunan jembatan penghubung Kampung Mudik, Bungo Tanjung, Ujung Batu dan Kinali sepanjang 80 meter yang sudah sangat lama diinginkan masyarakat Barus ini pun dapat terwujud.

Pemkab Tapteng juga berterima kasih kepada masyarakat sekitar jembatan yang bersedia membebaskan lahan dan bangunan yang terdampak pembangunan jembatan.

“Saat ini rencana pembangunan jembatan dalam proses persiapan tender,” imbuhnya. (ril/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *