oleh

Paskah di Tapteng Usung Anti Hoax dan SARA

Pandan – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, akan menyelenggarakan perayaan Paskah Oikumene pada Kamis 3 Mei 2018 di Lapangan Sepakbola Pandan. Salah satu kegiatannya adalah mendeklarasikan kesepakatan bersama menolak hoax, isu SARA dan ujaran kebencian.

Hal itu terungkap dalam rapat persiapan pada Kamis (19/4/2018), di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng, Pandan. Rapat dipimpin oleh Wakil Bupati Darwin Sitompul, bersama Ketua Umum Panitia Antonius Simanjuntak.

“Untuk mencegah hoax, isu SARA dan ujaran kebencian, kita mesti menjaga kerukunan hidup. Bersama kita menolaknya. Sebab akhir-akhir ini sudah merajalela di media sosial, jangan sampai itu memecah belah persatuan di Tapteng yang selama ini sudah terjaga aman dan damai,” kata Wakil Bupati.

Dia juga meminta perayaan diharapkan berjalan hikmad dan meriah. Untuk itu diharapkan kerjasama yang baik antara panitia dan seluruh elemen terkait.

“Paskah merupakan bagian ibadah, mari kita tunjukkan kebersamaan. Kita sukseskan perayaan ini sebagai wujud nyata sukacita dari warga gereja dalam memuliakan Tuhan melalui karya terbesar memperingati kebangkitan Yesus Kristus,” ujarnya.

Selain jemaat denominasi gereja dari tiap kecamatan, Darwin juga mengajak seluruh PNS yang beragama Kristen agar wajib hadir mengikuti perayaan tersebut, termasuk elemen dari bidang lembaga pendidikan.

“Untuk mengisi acara, kita akan mengundang anak-anak Panti Asuhan Sion tampil dengan alat musik angklung, dan SD Muara Bolak menampilkan fragmen singkat,” kata Darwin.

Selain itu, direncanakan juga dimana sebagai ungkapan rasa kepedulian, kolekte perayaan nanti akan diberikan kepada anak-anak Panti Asuhan Sion Aek Horsik, Kecamatan Badiri.

Ditambahkan Ketua Panitia, acara nantinya akan diawali dengan barisan prosesi jalan salib, dilanjutkan dengan acara ibadah dan penyalaan lilin, dan dimeriahkan lagu pujian koor gabungan se-kabupaten. Untuk rute pawai start dari Gereja Katolik St Yosef Pandan-Jalan Dr FL Tobing, disambut oleh Bupati Tapteng, selanjutnya menuju lokasi ibadah umum.

Selain itu, juga akan diisi dengan drama penyaliban Yesus, pesan Paskah oleh ibu wakil bupati, serta hiburan oleh artis ibukota dan lokal, band binaan Pesparawi Tapteng, persembahan koor dan vokal grup, drumband SMA Matauli Pandan dan SMP Al Muslimin Pandan, dan puncaknya lucky draw. (ril/Mora)

Loading...

Komentar