Ini Jejak Karier Wakapolres Labuhanbatu “Selamat Jalan Andi Chandra”

  • Whatsapp
Jenazah Almarhum Andi Chandra Saat Akan Dimakamkan, Minggu, 22 April 2018 Malam.

Labuhanbatu – Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting menyebut, Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra yang tewas tenggelam di Sungai Berombang, baru empat bulan menjabat Wakapolres di Labuhan Batu, Sumatera Utara.

“Dia Wakapolres Labuhanbatu, masih baru, baru pindah di Sumatera Utara, dia tamatan Sespimmen (Sekolah Pimpinan Menengah) yang kemarin, jadi sebelumnya itu ada di Akpol,” kata Kombes Rina Sari Ginting, Minggu (22/4/2018).

Bacaan Lainnya

Menurut data yang diperoleh menerangkan, Andi Chandra lahir 20 Oktober pada 37 tahun yang lalu. Almarhum Andi Chandra menjadi perwira pertama di Polda Riau dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda) mulai 18 Desember 2003. Dia menjadi Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (KA SPK) Polres Kampar Polda Riau pada 7 Februari 2004, kemudian menjadi Kepala Unit II Satuan Reserse Kriminal Polres Kampar Polda Riau.

Pada 30 Agustus 2006, dia menjadi Perwira Pertama di Akpol di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol). Dua bulan kemudian, dia menjadi Dantor Tar Kortasis Dit Bintarlat Akpol Lemdikpol. Usai jadi Dantor, dia menjadi Komandan Kompi (Danki) di situ pada 17 April 2009.

Andi menjalani pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 16 September 2009. Setahun kemudian, dia menjadi Perwira Pertama di Polda Lampung.

Pada 23 September 2010, Andi menjadi Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Way Kanan Polda Lampung. Lima bulan kemudian, dia menjadi Kepala Urusan Standarisasi Sub Bidang Pembinaan Pertanggungjawaban Profesi (Subbidwabprof) Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Lampung.

Sementara pada 13 Oktober 2011, Andi Chandra menjadi Kapolsek Candi Puro di Lampung Selatan. 10 Februari 2012, dia menjadi Perwira Pertama di Lembaga Pendidikan Kepolisian.

Kemudian pada 4 April 2012, dia menjadi Kepala Satuan Taruna Tingkat I/Angkatan 47 Korbintarsis Ditbintarlat Akpol Lemdikpol. Pada 28 November 2014, Andi Chandra kemudian menjadi Wakil Kepala Detasemen Taruna Tingkat I/Angkatan 49 Korbintarsis Ditbintarlat Akpol Lemdikpol.

Pada 15 Juni 2015, Andi Chandra menjadi Penata Urusan Bidang Jasmani Ditakademik Akpol Lemdikpol. Pada 20 April 2017, dia menjadi Perwira Menengah Lemdiklat Polri dalam rangka Pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Menengah (Sespimmen 2017).

Pada 27 Oktober 2017, dia menjadi Perwira Menengah di Polda Sumatera Utara. Barulah pada 7 Desember 2017, dia menjabat sebagai Wakil Kepala Polisi Resor Labuhan Batu, Sumatera Utara.

Almarhum Kompol Andi Chandra punya tanda jasa Satyalancana Dwija Sistha. Dia juga mendapatkan Satyalancana Kesetiaan 8 Tahun.

Screenshot Jejak Karier Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra. FOTO: istimewa.

Sebelumnya diberitakan, Sabtu, (21/4) sekitar pukul 16.00 WIB, speedboat rombongan Kapolres Labuhanbatu tenggelam di perairan Sungai Berombang, Labuhan Batu.

Sesaat sebelum peristiwa itu terjadi, Kapolres Labuhanbatu AKPB Frido Situmorang beserta rombongan pulang menghadiri acara di Berombang.

Namun baru berjalan sekitar 10 menit, speedboat milik Polair yang dinaiki Kapolres dan rombongan, tenggelam, di duga speedboat menabrak tungku kayu hingga mengalami kebocoran dan speedboat tenggelam.

Saat kejadian, Kapolres Labuhanbatu beserta 5 personel Polri yang ada di dalam speedboat berhasil menyelamatkan diri. Sementara, Andi Chandra tenggelam.

Jenazah Kompol Andi Chandra kemudian ditemukan oleh tim gabungan TNI dan Polri pada Minggu (22/4), pukul 10.00 WIB oleh tim SAR Gabungan. Lokasi penemuannya berjarak sekitar 2 km dari lokasi tenggelamnya speedboat tersebut.

Setelah berhasil di evakuasi, korban selanjutnya disemayamkan di kampung halamannya di Desa Bandar Malela, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Dan, Minggu, (22/4) malam tadi, jenazah Andi Chandra dimakamkan tidak jauh dari rumah duka di Simalungun.

Pemakaman jenazah almarhum Andi Chnadra dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama para pejabat utama Polda Sumut.

Selamat Jalan Andi Chandra..!!! (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *