VIDEO, Begini Detik-Detik Tanah Longsor di Tarutung

Screenshot 2018 4 25 1 Begini Detik Detik Tanah Longsor di Tarutung YouTube
Detik-detik tanah longsor di Desa Pansurnapitu Siatasbarita, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut) yang terjadi pada Selasa, (24/4) kemarin, terekam oleh warga, videonya kemudian menyebar di grup WhatsApp (WA).

Tapanuli Utara – Detik-detik tanah longsor di Desa Pansurnapitu Siatasbarita, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut) yang terjadi pada Selasa, (24/4) kemarin, terekam oleh warga, videonya kemudian menyebar di grup WhatsApp (WA).

Dalam video tersebut sangat jelas terlihat saat tanah dari perbukitan itu runtuh hingga merusak rumah Miduk Simanungkalit.

Bacaan Lainnya

Tumpukan tanah longsor pun menimbun ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Tarutung-Sipirok. Tampak juga dalam video, sejumlah warga berlarian saat terjadi longsor.

Sebelumnya diberitakan, akibat longsor tidak menimbulkan korban jiwa.

Longsoran tanah bercampur pepohonan yang menimbun ruas jalan, sempat melumpuhkan arus lalu lintas lebih kurang satu jam di daerah itu .

Kepala Desa Pansurnapitu Tongam Sibarani menyebut, saat terjadi longsor terdengar suara menderu.

“Suara menderu yang keras mengiringi longsoran tanah dan meterial lainnya sekitar pukul 09.45 WIB pagi tadi,” kata Tongam Sibarani.

Tongam mengatakan, hujan deras yang melanda wilayah itu sejak malam hingga pagi harinya, menjadi penyebab terjadinya longsor.

“Sebelum kejadian, semalam sekitar pukul 22.00 WIB longsoran tanah juga sudah terjadi, meski hanya merusak bagian belakang rumah,” jelasnya.

Kejadian itu langsung disikapi pemilik rumah untuk beranjak meninggalkan huniannya menuju rumah keluarga terdekat di desa tersebut.

“Untung saja penghuni rumah sudah sempat mengungsi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, juga keadaan lalulintas di jalinsum yang kebetulan lengang. Sehingga, saat longsoran tanah kembali terjadi, tidak menimbulkan korban jiwa,” ucap Ulibasa Hutapea, dan warga lainnya yang mengaku menyaksikan langsung longsoran tanah.

Tumpukan tanah longsor akhirnya berhasil dibersihkan berkat gotongroyong warga setempat bersama petugas dari UPT Bina Marga Provsu dan petugas Polsek, serta Koramil Sipahutar yang langsung terjun ke lapangan. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *