Profil Yovie Widianto, Pendiri Grup Musik Kahitna

  • Whatsapp
Yovie Widianto. FOTO: instagram.

SIAPA yang tak kenal dengan nama Yovie Widianto? Dia adalah sosok musisi handal di Indonesia yang tak bisa diragukan lagi. Lagu-lagu ciptaannya selalu menjadi hits.

Dalam proses pembuatan lagu, pentolan Kahitna itu mengaku punya banyak cara untuk mencari inspirasi. Tidak hanya dari pengalaman pribadi atau cerita orang, ternyata lewat membaca buku atau karya sastra Yovie Widianto bisa menemukan sebuah inspirasi dalam proses pembuatan lagu.

Bacaan Lainnya

Berikut Profil Yovie Widianto

Yovie Widianto terlahir di Jakarta, 21 Januari 1968. Selain sebagai pecipta lagu, Yovie juga salah satu personel dan pendiri grup musik Kahitna dengan instrumen keyboard serta grup musik The Nuno yang didirikannya pada 2001.

Karir

Yovie Widianto dikenal sebagai musisi serba bisa yang kerap menciptakan lagu untuk banyak artis penyanyi. Awal terkenalnya adalah semenjak nama grup band Kahitna naik daun. Selain bersama Kahitna, nama Yovie juga terdapat dalam jajaran personil grup band bentukannya, Yovie and the Nuno.

Yovie telah sukses mengorbitkan banyak penyanyi lewat lagu-lagu ciptaannya, di antaranya Rio Febrian, Audy, Rida Sita Dewi, Rita Effendi, Yana Yulio, Pinkan Mambo, Delon, Astrid dan lain sebagainya.

Selain itu, mantan juri Indonesian Idol ini juga menjalani solo karir, dengan albumnya A Potrait of Yovie yang dirilis pada 2005 dan album barunya, Kemenangan Hati. Untuk Kemenangan Hati ini dinyanyikan bersama Dearly Dave Sompie dan Ghea Dahliana Oktarin.

Yovie pun sempat menggelar konser A Mild Live The Magical Journey Of Yovie Widianto, di mana moment tersebut dijadikan peringatan 23 tahun dirinya berkarier di dunia musik.

Musikalitas Yovie dalam bermusik tak diragukan lagi. Bahkan dalam ajang AMI Awards 2009, ia meraih nominasi terbanyak, 6 nominasi di antaranya bersama Yovie and Nuno dan sisanya nominasi pribadi.

Diskografi

KAHITNA, CERITA CINTA (1994), CANTIK (1996), SAMPAI NANTI (1998), PERMAISURIKU (2000), THE BEST OF KAHITNA (2002), CINTA SUDAH LEWAT (2003), SOULMATE (2006), LEBIH DARI SEKEDAR CANTIK (2010), Yovie & The Nuno, SEMUA BINTANG (2001), KEMENANGAN CINTA (2005), THE SPECIAL ONE (2007),
WINNING ELEVEN (2010).

Solo

KUMPULAN KARYA TERBAIK YOVIE WIDIANTO (2000), A PORTRAIT OF YOVIE (2005), KEMENANGAN HATI (2007). (sumber: kapanlagi.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *