oleh

Sepekan Ramadan, Harga Cabai Merah Anjlok di Humbahas

Dolok Sanggul – Sepekan Ramadan, harga cabai merah di pasar tradisional Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengalami anjlok ke level terendah menjadi Rp10.000/kg.

Sebelumnya harga komoditas primadona masyarakat ini sempat bertahan di Rp24.000/kg. Akibatnya, petani pun mengeluh dan mengalami kerugian. Pasalnya, harga jual sudah tak sebanding dengan biaya produksi.

Ernita Sihombing (33), petani cabai merah di Dolok Sanggul mengaku rugi akibat anjloknya harga ini.

“Harga pestisida cenderung naik, belum lagi jasa perawatan tanaman cabai hingga panen,” ujar Ernita, Kamis, 24 Mei 2018.

Petani lainnya Anton Siregar (43) juga mengaku bernasib sama. Harga cabai anjlok membuat dirinya terlilit utang di bank.

“Melihat harga cabai awal tahun 2018 yang lumayan bagus, saya beranikan diri meminjam uang ke bank melalui program kredit usaha rakyat (KUR). Sekarang, harga cabai anjlok, bagaimana saya membayar tagihan,” ucap ayah 5 anak ini.

Dia juga mengaku bingung, menjelang tahun ajaran baru biaya pengeluaran untuk keperluan anak sekolah cukup tinggi.

“Bagaimana nasib anak kami yang masih sekolah,” keluhnya seraya berharap pemerintah daerah segera mengambil sikap.

Kedua petani ini pun berharap pemerintah daerah segera mengambil kebijakan atau membangun pemasaran di luar daerah untuk mengurangi kerugian petani yang semakin besar.

Terpisah, Lasmi Silaban, agen pengepul cabai merah di pasar tradisional Dolok Sanggul membenarkan kondisi harga yang kian merosot dalam satu pekan terakhir.

Dia berasumsi, rendahnya harga cabai diakibatkan pasokan cabai yang membludak dan hampir merata di setiap daerah.

“Hampir semua daerah mengeluarkan produksi cabai. Melonjaknya produktifitas otomatis memengaruhi harga pasar,” katanya.

Disisi lain, penurunan harga cabai dipengaruhi permintaan yang cenderung menurun selama bulan puasa.

Kemungkinan warga yang menjalankan ibadah puasa mengurangi konsumsi cabai merah di rumah tangga.

“Mudah-mudahan, menjelang lebaran nanti harga cabai kembali normal. Biasanya permintaan menjelang hari besar mengalami peningkatan,” tutur Lasmi. (and)

Komentar