4 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Ilustrasi Kolang Kaling. FOTO: istimewa_net.

Smart News Tapanuli – Mendengar kata kolang kaling pasti sudah membuat Anda membayangkan bagaimana segarnya buah yang satu ini.

Selain segar dan enak dimakan dengan campuran sirup beragam rasa, ternyata kolang kaling juga bermanfaat meningkatkan kesehatan.

Manis dan enak disantap dalam kondisi dingin, kolang kaling ternyata mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dilansir alodokter.com, di dalam 100 gram kolang kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, kolang kaling dipercaya dapat memberikan manfaat untuk tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat kolang kaling berdasarkan kandungan nutrisi di dalamnya:

Serat

Kolang kaling mengandung serat kasar yang termasuk pada serat tidak larut. Dengan kandungan serat tidak larut ini dipercaya dapat membantu dalam memperlancar pencernaan dan mempercepat pembuangan racun dari dalam usus.

Jika Anda ingin mencegah konstipasi atau sembelit, Anda disarankan mengonsumsi kolang kaling. Selain itu, serat tidak larut juga dipercaya dapat mencegah adanya zat yang dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Kalsium

Dalam setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang.

Tidak hanya tulang, bagian tubuh lainnya juga memerlukan tulang untuk dapat berfungsi dengan baik misalnya saraf, hati, dan otot.

Fosfor

Buah yang kecil dan manis ini ternyata juga mengandung fosfor yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram kolang kaling terdapat 243 mg fosfor.

Manfaat fosfor memperkuat gigi dan tulang, menghasilkan RNA dan DNA, memperbaiki dan menjaga sel serta jaringan tubuh.

Fosfor juga dibutuhkan tubuh untuk menggerakkan otot, menghasilkan energi, dan menyimpannya. Bahkan, fosfor juga dapat membantu tubuh dalam menjaga keteraturan detak jantung manusia.

Zat Besi

Kolang kaling juga mengandung zat besi. Zat besi dapat memberikan manfaat untuk tubuh seperti mengalirkan karbondioksida dan oksigen ke seluruh tubuh, serta untuk mengatasi rasa lelah dan anemia.

Selain itu, kolang kaling juga mengandung gelatin yang cukup tinggi. Kandungan ini dipercaya bisa membantu Anda yang ingin mengurangi berat badan.

Pasalnya, gelatin dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, mengatasi ostearthritis, osteoporosis, serta radang sendi.

 

sumber: alodokter.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *