oleh

Timnas Indonesia U-19 kalah 1-2 dari Thailand

Smart News Tapanuli – Timnas Indonesia U-19 kalah 1-2 dari Thailand pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin malam (9/7). Indonesia pun tergusur dari puncak Grup A.

Pada pertandingan, Thailand lebih mendominasi sejak pertandingan dimulai. Ada sejumlah peluang didapatkan Thailand, namun Aqil Savik masih mampu memperlihatkan kualitas untuk mengantisipasi serangan tim lawan.

Timnas Indonesia U-19 mencoba untuk lepas dari tekanan Thailand. Namun, belum ada ancaman serius yang dilakukan Hanis Saghara Putra dkk. hingga setengah jam permainan.

Thailand akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-40. Sebuah tendangan jarak jauh yang dilepaskan Matee Sarakum dari jarak jauh tak mampu dihalau oleh Aqil Savik. Thailand pun unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Setelah turun minum, Timnas Indonesia U-19 mencoba untuk bangkit dengan hadirnya Witan Sulaeman yang menggantikan Aji Kusuma. Namun, permainan Tim Garuda Nusantara masih tetap berada di bawah tekanan Thailand.

Namun hanya lima menit setelah babak kedua dimulai, gawang Aqil Savik kembali kebobolan. Matee Sarakum kembali mencetak gol lantaran tanpa pengawalan setelah menerima umpan silang dan dengan mudah menjebol gawang Indonesia untuk kali kedua.

Tertinggal 0-2 tak membuat semangat Tim Garuda Nusantara mengendur. Todd Rivaldo Ferre dkk. terus berusaha mencari bola dan langsung berinisiatif menyerang ketika memiliki bola. Pelatih Indra Sjafri memasukkan Muhammad Rafli Mursalim untuk menggantikan Hanis Saghara sebagai ujung tombak tim pada menit ke-70.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya berhasil menipiskan skor dengan gol yang diciptakan Rifad Marasabessy pada menit ke-83. Berawal dari penetrasi bek kanan Tim Garuda Nusantara itu yang membantu serangan, tanpa lelah Rifad masuk ke kotak penalti menemani Todd Rivaldo Ferre yang tinggal berhadapan dengan kiper Thailand, Nopphon Lakhonphon.

Rifad pun berhasil menjebol gawang Thailand setelah mendapatkan bola rebound dari tembakan Todd yang membentur tiang gawang. Bola yang jatuh tepat di kaki Rifad tak disia-siakan untuk membawa Timnas Indonesia U-19 membuka kans lagi meraih poin.

Tim Garuda Nusantara ganti mengurung pertahanan Thailand pada menit-menit terakhir pertandingan. Serangan demi serangan terus dilakukan Tim Garuda Nusantara. Namun, hingga peluit panjang berbunyi kedudukan 2-1 untuk Thailand tak berubah.

Dengan kekalahan pada laga terakhir ini, Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2018 sebagai runner-up Grup A.

Sementara Thailand berhasil naik ke puncak klasemen dengan mengoleksi 13 poin, unggul satu poin dari Tim Garuda Nusantara.

 

sumber: liputan6.com

Komentar