oleh

Ingin Cepat Punya Momongan? Lakukan 5 Hal Ini

Smart News Tapanuli – Kondisi tubuh yang berbeda-beda, kesempatan wanita untuk dapat hamil pun tidak sama. Bahkan, sebagian wanita juga mengalami kesulitan dalam memiliki momongan meskipun telah mencoba berbagai upaya program kehamilan.

Data yang dihimpun lewat dunia maya oleh situs kesehatan WebMD menyebutkan, 40 persen pasangan memilih untuk melakukan program bayi tabung karena kesulitan dalam memiliki momongan.

Sementara itu, badan pemerintah Amerika Serikat USAID (United States Agency for International Development) melakukan survei di Indonesia pada 2002. Hasil survei tersebut menemukan fakta bahwa wanita di Indonesia memang memiliki masalah kesulitan kehamilan secara normal.

Bahkan, meskipun berhasil hamil, banyak ibu hamil di Indonesia yang memiliki masalah pada janin atau bayi yang dilahirkannya.

Ada sekitar 3 dari 4 bayi yang dilahirkan tidak dapat terselamatkan. Sebanyak 41 persen memiliki berat badan rendah dan 20 persen terinfeksi virus.

Dengan masalah kehamilan dan kelahiran di Indonesia cukup serius, Anda yang tengah merancang program kehamilan juga sebaiknya ikut waspada dan lebih menjaga pola gaya hidup.

Menilik fenomena di atas, di bawah ini beberapa kiat bagi Anda yang ingin cepat hamil dan memiliki kehamilan yang sehat. Berikut ini adalah pemaparannya:

1. Atur kondisi psikologis

Faktor psikologis merupakan hal utama dalam upaya program kehamilan. Sebab, kesehatan mental yang tidak baik dapat menyebabkan stres hingga depresi, dan memengaruhi perkembangan janin. Selain itu, kesehatan mental yang buruk juga dapat menghambat program hamil.

2. Perbanyak konsumsi asam folat, hindari vitamin A

Sebanyak 400 mg asam folat dalam sehari yang dikonsumsi selama satu bulan penuh dapat membantu Anda mengurangi risiko bayi terlahir cacat. Selain itu, untuk berjaga-jaga, Anda sebaiknya tidak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar vitamin A tinggi. Sebab, kadar vitamin A yang berlebihan berisiko menurunkan kesehatan kehamilan dan dapat menyebabkan janin yang dikandung mengalami cacat.

3. Biasakan gaya hidup sehat

Hentikan berbagai kebiasaan buruk Anda seperti merokok, konsumsi obat-obatan, minum alkohol. Berbagai kebiasaan buruk tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh Anda. Kandungan dalam rokok dan alkohol dapat menurunkan kesuburan, bahkan membuat janin yang Anda kandung lahir secara prematur, cacat, hingga keguguran.

4. Rutin berkonsultasi dengan dokter

Kunci utama dalam persiapan program hamil adalah rajin berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi tubuh Anda, terutama bagi Anda yang baru mengupayakan kehamilan pertama.

Pasangan suami dan istri sebaiknya diperiksa secara bersamaan. Selanjutnya dokter akan memberikan penangan lanjutan, untuk menunjang keberhasilan program kehamilan.

5. Hentikan penggunaan alat kontrasepsi

Beberapa pasangan menggunakan alat kontrasepsi sebelum menjalankan program hamil. Untuk membantu kelancaran program kehamilan, sangat dianjurkan untuk melepaskan alat kontrasepsi sesegera mungkin.

Penghentian penggunaan alat kontrasepsi, cukup efektif dalam meningkatkan kesuburan wanita dengan cepat. Meningkatnya kesuburan wanita ditandai dengan periode menstruasi yang berangsur berjalan secara teratur.

Demikian beberapa tips cepat hamil yang dapat Anda lakukan jika ingin segera memiliki momongan. Lakukan berbagai langkah di atas dalam proses program kehamilan Anda. Semoga sukses!

 

source: klikdokter.com

Komentar