oleh

Aksi Heroik Penangkapan Pelaku Jambret di Binjai

Binjai – Personil Satreskrim Polsek Binjai Kota, Binjai, Sumatera Utara (Sumut) mengamankan dua orang laki-laki dalam kasus tindak pidana pencurian diserta kekerasan, Minggu pagi (8/7), sekitar pukul 08.30 WIB.

Kasus tersebut terungkap berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/47/VII/2018/SPK”C”BJ Kota tgl 08 Juli 2018.

Korbannya Lie Lian Hwe (65) pedagang kue, warga Jl Teratai Baru No 7, Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota.

Tersangkanya, Andre Rahmadika (24) dan Ahmad Apriansyah alias Apri (20). Keduanya warga Jl Salak Lingkungan II, Kelurahan Limau Sunde, Kecamatan Binjai Barat, dan tidak memiliki pekerjaan menetap.

Andre dan Ahmad kemudian berhasil ditangkap warga di Jl Tuan Syeh Rukun, Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, setelah melakukan aksinya di Jl Dewi Sartika Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai kota.

Dari kedua tersangka petugas mengamankan sebilah pisau berukuran sekitar 40 centimeter, milik tersangka Ahmad Apriansyah. Kemudian 1 unit motor Honda Merk Verza berwarna hitam tanpa nomor polisi yang dikemudikan Andre Rahmadika.

Selanjutnya, sebuah dompet kain warna hitam berisi uang Rp.100.000,- beserta KTP milik korban, Lie Lian Hwa.

Kronologis kejadian dan penangkapan kedua pelaku jambret:

Pada Minggu 8 Juli 2018 sekira pukul 18.30 WIB, menaiki sepeda motor dari arah Jalan Dewi Sartika Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, dan persis di depan penjual pecal, korban Lie Lian Hwa saat itu sedang berjalan dengan mengepit dompetnya di ketiak lengan kiri menuju pajak Tavip.

Dari depan korban, pelaku menarik dompet korban. Saat itu sempat tarik menarik, dan korban berteriak “rampok..rampok “.

Dompet korban pun terjatuh ke aspal, dan saat itu kedua pelaku langsung tancap gas menuju arah jalan Ade Irma Suryani.

Warga yang melihat kejadian itu langsung mengejar pelaku, saat itu Ahmad mengeluarkan sebilah pisau dan mengancungkannya ke warga yang melakukan pengejaran.

Kemudian setelah berada di Jl Tuan Syeh Rukun, atau persisnya jalan menanjak menuju Vihara Setia Budha, kedua pelaku terjatuh dari sepeda motor bersama sajam yang mereka bawa.

Kedua pelaku pun terus berupaya melarikan diri dari kejaran warga hingga menuju jembatan titi kembar.

Bahkan kedua pelaku nekat melompat ke sungai Mencirim dan berenang menuju Kantor Lurah Pekan Binjai, hingga akhirnya berhasil diamankan warga dan selanjutnya diserahkan ke petugas Polsek Binjai Kota.

Kedua pelaku yang mengalami luka-luka selanjutnya dibawa ke RSU Djulham Binjai, dan belum dapat dimintai keterangan oleh petugas.  (ian)

Komentar