Ternyata Begini Awalnya Bentuk Tangga Seratus Sibolga

  • Whatsapp
Penampakan Foto Wujud Tangga Seratus Sibolga. (FOTO: dok_istimewa)

Sibolga – Tangga Seratus adalah salah satu situs bersejarah di Kota Sibolga yang dijadikan sebagai Objek Wisata. Lokasi ini adalah tempat strategis karena di Puncak Bukit Tangga Seratus merupakan tempat untuk mengalirkan sumber air bersih ke Kota Sibolga.

Untuk mencapai Puncak Bukit Tangga Seratus, Anda harus menapaki tangga yang berjumlah 298.

Bacaan Lainnya

Lokasi Tangga Seratus yang berada di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota itu dimanfaatkan penduduk dari berbagai kalangan sebagai tempat olahraga. Baik dari kalangan orangtua maupun anak-anak yang sedang libur sekolah.

Setelah kita berkeringat dan kelelahan untuk sampai ke Puncak Tangga Seratus, kita disuguhkan pemandangan laut Teluk Sibolga.

Untuk mencapai puncak dibutuhkan stamina yang benar-benar kuat. Karena setelah kita kelelahan dan beristirahat di atas puncak, kita juga harus menyiapkan tenaga untuk menuruni Puncak Tangga Seratus.

Untuk membantu pengunjung yang kelelahan di tengah, disediakan besi panjang di sepanjang sisi kanan kiri tangga sebagai penopang badan.

Tangga Seratus Sibolga. (foto: dok_istimewa)

Pada jaman Belanda saat pertama kali didirikan, tangga ini berbentuk seperti bantalan rel kereta api menjulang ke arah perbukitan. Sesuai perkembangan jaman, lokasi ini mengalami banyak renovasi. Dulu yang lebarnya hanya bisa dilewati 1 orang saja, sekarang sudah bisa dilewati 2 orang bersamaan ataupun berpapasan.

Sebelum kita mulai menaiki Tangga, juga masih ada terlihat goa bekas peninggalan tentara Jepang. Goa Peninggalan sejarah tentara Jepang ini dulunya berfungsi sebagai lubang pengintai. Bila pengintai melihat musuh melintas, pengintai tersebut kemudian menyampaikan pesan ke atas bukit. Gua yang memiliki satu pintu masuk tersebut memiliki dua jalur berbentuk Y didalamnya.

 

sumber: sibolga.net

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *