oleh

Wanita Gemuk dan Pendek Dianggap Seksi di Daerah Ini

Smart News Tapanuli – Cantik tak selalu identik dengan tubuh tinggi, langsing, berkulit putih, dan berambut lurus. Indonesia memiliki definisi cantik yang berbeda-beda.

Jika di perkotaan, wanita bertubuh gendut dan pendek dipandang sebelah mata dan jauh dari kata cantik, tidak demikian dengan masyarakat pedalaman.

Dilansir dari VIVA, Jumat 28 September 2018, pelopor pendidikan alternatif untuk masyarakat adat dan pendiri Sokola, ada beberapa daerah yang justru menilai wanita bertubuh gempal inilah definisi cantik yang sebenarnya.

“Di Jambi, dulu mereka bilang saya itu tidak cantik karena tinggi, karena hidung saya terlalu mancung. Definisi cantik menurut mereka itu kecil, mungil, pendek, hidungnya pesek,” tutur Butet Manurung di acara Dove #CantikSatukanKita di Jakarta Selatan, Selasa 25 September 2018.

Sementara di Papua, wanita berotot dan bertubuh bulatlah yang dinilai cantik. Sedangkan di Batak, wanita berkaki lebar punya pesona yang lebih memikat.

Menurutnya, masyarakat pedalaman lebih mempertimbangkan arti cantik sebagai sesuatu yang bermanfaat untuk sekitarnya.

Seperti misalnya, kondisi geografis jalan di rimba tidak memungkinkan orang bertubuh tinggi untuk mudah bergerak, susah untuk memanjat, jadi justru mereka yang bertubuh kecil yang bisa berlari cepat didefinisikan sebagai wanita cantik.

Begitupun dengan Papua, definisi cantik untuk mereka adalah pendek, berotot yang artinya mereka bisa bekerja keras dan mengangkat keranjang. Sebaliknya, perempuan akan dianggap jelek jika mereka itu pemalas dan pembohong.

Menurutnya, karakter geografis dan budaya menentukan definisi cantik di sejumlah daerah di Indonesia. Sehingga, setelah melihat itu, Butet pun mendefinisikan cantik adalah perempuan yang bisa melakukan hal yang disukai dan menyukai pekerjaan itu.

“Semua perempuan yang bisa melakukan (pekerjaan) dianggap cantik dan disukai banyak orang. Kalau pandai melakukan hal yang diidolakan di lokasi itu, (wanita) tidak hanya dibilang cantik, tapi juga seksi,” tutur pemilik nama asli Saur Marlina Manurung. (*)

Komentar