oleh

Tak Layak Huni, Polres Sibolga Bedah Rumah Nurdin Lawolo

Sibolga – Polres Sibolga membedah rumah milik pria tua bernama Nurdin Lawolo (96) di Gg Bagan Kelurahan Pasarbelakang, Kecamatan Sibolga Kota, Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Selasa 9 Oktober 2018 pagi.

Kapolres Sibolga AKBP.Edwin H Hariandja kepada wartawan dilokasi menjelaskan, melihat kondisi rumah Nurdin yang tak layak huni, maka pihaknya bersama kepling dan warga setempat bergotong royong membedah rumah tersebut.

“Awalnya saya menerima laporan dari Bhabinkamtibmas tentang kondisi rumah pak Nurdin ini. Kemudian saya ke lokasi. Ternyata memang benar, bahwa kondisi rumah ini sangat memprihatinkan,” kata Edwin.

Edwin menerangkan, rumah panggung berdinding kayu dan berlantai papan itu berukuran sekitar 4×7 meter. Letak rumah ini tak jauh dari tepi laut Sibolga.

“Hasil bedah rumah ini nantinya agar layak dihuni pak Nurdin,” tutur Edwin.

Pantauan dilokasi, personil Polres Sibolga bersama warga bergotong royong membedah rumah tersebut. Dan untuk sementara, Nurdin Lawolo harus menumpang di rumah tetangganya.

Di usinya 96 tahun, Nurdin Lawolo tak mampu bekerja lagi. Sementara, ia telah ditinggal mati istrinya. Nurdin kini tinggal bersama seorang anaknya yang bekerja sebagai abang becak bermotor.

Sebelumnya diberitakan, Nurdin Lawola juga sempat menghadapi persoalan penerangan listrik dan air di rumahnya. Tiga bulan nunggak dan tak mampu membayar tunggakan selama 3 bulan, listrik ke rumahnya pun diputus.

Persoalan itu pun sampai ke telinga Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasarbelakang Brigadir Elsa, dan bisa diselesaikan pada Bulan September 2018 lalu. Nurdin pun kembali menikmati penerangan listrik.

Ironisnya lagi, sambungan air PDAM ke rumah pak tua ini ternyata belum tersambung. Sehingga untuk mendapatkan air bersih sehari-hari, selama ini Nurdin Lawolo hanya mengharapkan belaskasihan dari tetangganya.

Persoalan itu pun akhirnya bisa diselesaikan Brigadir Elsa bersama Kapolsek Sibolga Sambas.

“Sekarang sudah tersambung air PDAM ke rumah pak Nurdin setelah kami bersama pak Kapolsek Sibolga Sambas dan sesuai arahan dari pimpinan, maka sambungan air ke rumah pak Nurdin telah tersambung,” kata Brigadir Elsa, Selasa 9 Oktober 2018 di sela-sela berlangsungnya bedah rumah. (Dody)

Komentar