Babinsa Turun ke Sawah Ajari Petani Mengolah Lahan

  • Whatsapp
Babinsa Koramil 10/Lolowau Kodim 0213/Nias Serda G Pasaribu mendampingi petani mengolah lahan menggunakan mesin TR2 di Desa Lolofaoso, Kecamatan Lolowau, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (31/10). (FOTO: dok_Ist)

Nias – Babinsa Koramil 10/Lolowau Kodim 0213/Nias Serda G Pasaribu mendampingi petani mengolah lahan menggunakan mesin TR2 di Desa Lolofaoso, Kecamatan Lolowau, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (31/10).

Serda G Pasaribu terjun ke sawah mendampingi petani membajak sawah dengan traktor roda dua, dengan begitu akan mempercepat dalam pengolahan lahan sawah.

Bacaan Lainnya

Hal ini merupakan proses penyiapan lahan sawah yang akan ditanami padi untuk mendukung program pemerintah menuju swasembada pangan nasional.

Para Babinsa juga selalu memonitor pekerjaan petani menggarap sawah, menanam serta membantu sesuai kemampuan agar hasil dan kualitasnya bagus.

G Pasaribu menjelaskan, pengolahan lahan menggunakan traktor adalah cara baru untuk membantu petani menyuburkan tanah.

Kemudian, lahan didiamkan satu minggu, supaya rumput membusuk menjadi humus, dan berubah sifat fisik tanahnya, dan selanjutnya tinggal diratakan dengan cangkul agar menjadi datar dan melumpur.

“Keuntungan yang didapatkan, gulma mati dan membusuk menjadi humus. Struktur tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawahnya jenuh sehingga dapat menghemat air,” ujarnya. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *