oleh

Bakhtiar Bangga, Putri Daerah Mampu Bersaing di Seleksi CPNS

Tapanuli Tengah – Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dimulai pada, Senin (5/11), bertempat di Ruangan Komputer SMA Negeri 1 Matauli Pandan.

Tak berselang lama setelah ujian dimulai, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Kabag Humas Pemkab Tapteng Darwin Pasaribu terlihat datang untuk meninjau sekaligus memastikan kelancaran pelaksanaan ujian tersebut.

Kehadiran bupati disambut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tapteng, Yetty Sembiring dan Tim Pengawas dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Provinsi Sumatera Utara.

Pantauan, Bakhtiar mengelilingi peserta ujian. Dan, beberapa kali orang nomor satu di Tapteng itu memberikan motivasi. “Fokus, fokus, fokus aja ya,” ucap Bakhtiar menyemangati.

Namun, tiba-tiba mantan Ketua DPRD Tapteng itu sempat emosi, setelah beberapa kali masuk keluar dari ruangan server komputer melihat hasil ujian.

Kok masih banyak peserta yang belum mengisi jawaban soal? Kenapa ini? Apakah peserta takut mengisi jawaban. Kalau nanti waktu ujian habis, kemudian banyak soal yang tak dijawab. Kan sayang. Mending diisi aja. Kalau saya, a, b, c, d, gitu aja,” ungkap Bakhtiar kepada pengawas, sambil menghitung kancing bajunya.

Pertanyaan itu muncul setelah bupati Tapteng melihat hasil ujian melalui server komputer, bahwa masih banyak peserta ujian CPNS yang belum mengisi jawaban. Padahal, waktu ujian yang di deadline 90 menit, saat itu telah menyisakan waktu tak lama lagi.

“Tidak salah Pak Bupati,” kata seorang pengawas, yang kemudian menghimbau peserta ujian agar mengisi jawaban dari 100 soal yang diperhadapkan.

Suasana kemudian berubah, setelah bupati Tapteng mendapat kabar, bahwa diantara 100 orang peserta, ada seorang wanita yang membuat dirinya bangga karena mampu menjawab soal dengan maksimal dengan waktu cepat.

Nilai Agustina Purba (dilingkari). (FOTO: dok_ist)

Wanita itu bernama Agustina Purba, kelahiran Sorkam, Tapanuli Tengah. Bakhtiar pun langsung menyambangi Agustina. “Semangat ya. Saya bangga putri daerah mampu bersaing,” ucapnya.

Sementara itu, dari hasil ujian yang dilihat melalui layar proyektor, Agustina Purba memeroleh nilai, TWK 110, TIU 85 , dan TKP 151.

Sebelumnya, Kepala BKD Tapteng Yetty Sembiring melansir, jumlah peserta ujian SKD CPNS Pemkab Tapteng 2018 sebanyak 2908. “Formasi yang diterima dari jumlah peserta itu sebanyak 259 orang,” kata Yetty, kemarin.

Ujian SKD CPNS ini berlangsung seminggu, Senin 5-12 November 2018. “Tes SKD CPNS ini dibagi dalam empat sesi setiap hari dengan jumlah peserta 100 orang per sesi,” jelasnya. (Ren)

Komentar