Ini Penyebab Internet Telkomsel Terganggu di Sumatera

gangguan internet
Foto: Liputan6.com.

Smart News Tapanuli – Gangguan internet di area Sumatera Bagian Utara dan Sumatera Bagian Tengah terjadi hari ini, Kamis (6/12). Telkomsel memberikan penjelasan terkait terjadinya gangguan tersebut.

“Fiber optik putus. Tapi itu sudah clear dan sedang proses perbaikan di sistem,” ujar General Manager ICT Operation Region Sumbagteng Noviandri dikutip dari laman Liputan6.com.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, gangguan jaringan internet Telkomsel bukan hanya terjadi di wilayah Riau. Namun juga di daerah lain, seperti Padang, Sumatera Barat, dan Medan, Sumatera Utara. Gangguan internet ini diperkirakan terjadi sejak pukul 12.00 WIB.

Dengan adanya kejadian ini, Telkomsel meminta maaf kepada seluruh pelanggan terkait ketidaknyamanan layanan internet. Pihak Telkomsel menyatakan berusaha untuk mengembalikan layanan agar dapat kembali normal.

Informasi kemudian diperoleh, bukan karena fiber optik yang putus, VP ICT Network Management Area Sumatera Awal R Chalik mengungkap, hal itu disebabkan karena gangguan layanan data.

“Telah terjadi gangguan layanan data di wilayah Sumatera Tengah dan Sumatera Utara akibat gangguan di sistem perangkat layanan data, sedangkan layanan voice dan SMS tetap berfungsi dengan normal,” ungkap Awal.

Awal mengklaim, tim Telkomsel tengah berupaya dengan maksimal untuk memulihkan gangguan ini dengan cara merecovery sistem data tersebut. Gangguan ini diharapkan akan segera berangsur pulih.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan akibat dari terjadinya gangguan ini,” ujar Awal.

Disebutkan gangguan layanan data terjadi di wilayah operasional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng).

“Telkomsel memohon maaf atas ketidaknyamanan layanan internet yang dirasakan pelanggan,” ujar Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatera Hadi Sucipto.

Hadi juga menyebutkan, Telkomsel tengah berupaya maksimal agar layanan bisa berfungsi normal, sehingga pelanggan bisa menikmati layanan data Telkomsel.

“Secara berkesinambungan, Tim Telkomsel akan tetap berupaya dan memastikan agar layanan kepada pelanggan tetap terjaga,” imbuhnya.

Atas kejadian ini banyak warganet yang meminta kepada Telkomsel untuk segera memperbaiki layananannya. “Sejak siang tadi saya gak bisa akses layanan data Telkomsel. Kenapa ya. Semoga bisa segera normal,” ujar Denis Simalango, warga Sibolga, Sumatera Utara, kepada smartnewstapanuli.com. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *