Jokowi: Pemerintah Tidak Ingin Mendidik Masyarakat dengan Hal-hal Instan

jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (FOTO: istimewa)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah tidak sulit membuat kebijakan untuk menyenangkan lapisan masyarakat. Caranya, pemerintah bisa saja menyebar subsidi, bantuan sosial, atau bantuan langsung tunai sebanyak-banyaknya kepada masyarakat.

Namun, menurut Presiden Jokowi, jika hal itu dilakukan bukanlah merupakan tujuan pembangunan yang terus bergulir saat ini.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya sih, bagi pemerintah, tidak susah-susah amat kalau sekadar mau menyenangkan semua orang. Tinggal menyebar subsidi, bantuan sosial, atau bantuan langsung tunai sebanyak-banyaknya kepada masyarakat,” tulis Jokowi di akun facebooknya, Jumat (14/12).

“Tapi bukan untuk itu tujuan pembangunan ini. Dalam setiap kebijakan pemerintah, terdapat unsur pendidikan kepada masyarakat. Proses pembangunan tidak melulu menyenangkan, kita melewati proses yang kadang pahit, kadang sakit, dan masa-masa saat kita memetik buahnya,” tuturnya.

Pemerintah kata Jokowi, tidak ingin mendidik masyarakat dengan hal-hal yang instan, mudah, hanya menyenangkan dan memanjakan.

“Kita membangun Indonesia, ibarat membangun sebuah rumah. Kalau mau kokoh, ya memerlukan pondasi dan pilar yang kuat. Di saat diterpa gelombang apa pun, gelombang ekonomi atau politik, bangsa ini akan tetap menjadi bangsa yang besar dan kokoh,” kata Jokowi.

“Proses yang pahit dan sakit itu akan membawa Indonesia menuju negara yang maju di masa depan, untuk kita dan generasi mendatang,” tutupnya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *