Terminal Pelabuhan Sibolga Rampung Januari 2019

pelabuhan
Pelabuhan Sibolga. (Foto: Dok)

Sibolga – PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk saat ini melakukan finishing proyek pembangunan terminal Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Targetnya, proyek tersebut rampung paling lambat akhir Januari 2019.

“Progres pekerjaan saat ini sudah mencapai 96% atau tinggal sedikit lagi,” kata Supervisor Lapangan PT PP Tbk, Juarto kepada wartawan, Jumat kemarin.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, pada tahap awal proyek ini, pemerintah pusat melalui PT Pelindo telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp170 miliar.

Selanjutnya masih akan ada pengerjaan tahap berikutnya (tahap kedua) untuk interior (bagian dalam) ruangan bangunan terminal pelabuhan. “Cuma kapan tahap kedua ini, kita belum tahu,” ujarnya.

Pembangunan ini merupakan proyek strategis Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan dikerjakan setelah proses ground breaking pengembangan Pelabuhan Sibolga pada 2016 silam.

General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Sibolga, Agust Deritanto, menjelaskan terminal Pelabuhan Sibolga tersebut dibangun tiga lantai dengan luas 300 meter persegi.

Terminal ini dibangun mirip bandara, di dalam bangunan ada ruang tunggu, ruang VIP, ruang menyusui, ruang panel, ruang perkantoran untuk Syahbandar, Imigrasi, Kesehatan, Karantina, ruang loket dan lainnya. “Termasuk ruang untuk merokok dan swafoto (selfi) di lantai III,” ujarnya.

Nantinya, semua penumpang wajib melalui Garbarata (tangga belalai) atau jembatan langit (fly over) yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke dermaga pelabuhan. (dody irwansyah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *