oleh

Pesan WhatsApp Sudah Terhapus? Ikuti Cara Berikut Ini

SmartNews – Terkadang ada beberapa anggota di grup WhatsApp yang sering menghapus pesannya sendiri. Fitur hapus pesan ‘Delete for everyone’ ini memungkinkan kamu menghapus atau menarik pesan yang telah dikirim ke grup atau seseorang.

Hal ini bisa dilakukan jika kamu salah mengirim pesan atau salah mengetik pesan. Meski dinilai banyak membantu saat salah kirim atau salah ketik pesan, terkadang fitur hapus pesan ini juga dapat mengundang penasaran.

Pengguna yang mendapatkan pesan WhatsApp terhapus dan belum sempat membacanya dari seseorang terkadang penasaran, pesan apa sebenarnya dikirimkan.

Namun rasa penasaran ini dapat diatasi dengan beberapa cara. Kamu cukup menginstal aplikasi pihak ketiga yang dapat merekam notifikasi WhatsApp yang masuk di ponsel kamu. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store dan Appstore.

Aplikasi ini akan merekam setiap notifikasi yang masuk ke ponsel. Jika ada pesan WhatsApp yang masuk ke smartphone kamu, pesam tersebut akan terekam aplikasi ini meskipun pesan itu sudah dihapus oleh pengirim.

Kamu cukup mengunduh dan menginstalnya melalui Play Store atau App Store. Setelah itu aktifkan notification access di smartphone melalui pengaturan. Aktifkan akses notifikasi untuk aplikasi Notification History.

Setelah itu buka aplikasi Notification History dan kamu akan menemukan kumpulan notifikasi dari berbagai aplikasi yang terinstal di smartphone, termasuk WhatsApp.

Klik pada opsi notifikasi WhatsApp dan kamu akan menemukan seluruh rekaman percakapan di WhatsApp, termasuk pesan-pesan yang sudah dihapus oleh pengirim.

Yang membedakan aplikasi dengan Notification History adalah memungkinkan kamu untuk memilih notifikasi pada aplikasi apa saja yang ingin terekam oleh WhatsRemoved+.

Misalnya, jika kamu hanya ingin merekam notifikasi WhatsApp, maka kamu dapat mengatur WhatsRemoved+ untuk hanya merekam notifikasi WhatsApp. Aplikasi ini dikhususkan untuk merekam pesan-pesan yang dihapus oleh si pengirim dan kamu dapat mengetahuinya secara langsung dengan aplikasi ini.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengunduh dan menginstalnya di Play Store atau App Store. Setelah itu buka aplikasinya, di mana pada tahap awal kamu akan langsung dibawa untuk mengaktifkan notification access di menu pengaturan.

Setelah diaktifkan, kamu dapat langsung memilih aplikasi mana saja yang ingin direkam notifikasinya. Pilih Aplikasi WhatsApp untuk merekam notifikasinya.

Setelah itu, pesan yang terhapus akan diperlihatkan pada aplikasi ini, baik berupa teks, gambar, video atau suara.

 

Sumber: Liputan6.com

Komentar