Password Kamu Bisa Ketahuan Dengan Cara Ini

password
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

SmartNews – Sebuah studi dibidang keamanan siber menemukan bahwa ada cara terbaru yang bisa digunakan oleh hacker untuk membobol password kamu. Alih-alih menggunakan perangkat lunak, mereka “mendengarkan” cara pengguna mengetik.

Penelitian dari Universitas Cambridge di Inggris dan Universitas Linkoping di Swedia baru saja menemukan kalau cara seseorang mengetik kata sandi bisa “didengarkan”.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana dilansir Liputan6.com, Senin (10/6/2019), para peneliti menggunakan tes algoritma dan berhasil menebak 31 dari 50 password terdiri dari digit dengan benar hanya dari 10 kali percobaan.

Mereka “merekam” 45 partisipan yang sedang mengetik password di perangkat Android seperti ponsel pintar dan tablet, kemudian menafsirkan audio ketikan tersebut lewat mesin algoritma menggunakan gelombang suara yang melewati mikrofon perangkat.

Algoritma nantinya dapat memprediksi asal dari getaran yang dihasilkan ketikan tersebut.

Kemungkinan dari penelitian ini memang cukup gila, namun untungnya para peneliti ini memprediksi bahwa algoritma seperti ini belum digunakan hacker mana pun.

“Saat ini sulit sekali membayangkan para peretas mengembangkan jenis serangan ini. Di masa depan tentu kami akan mengembangkannya terlebih dahulu sebagai upaya pencegahan,” kata kepala peneliti, Ilia Shumailov dari Universitas Cambridge kepada Wall Street Journal.

Memang untuk berhasil, hacker harus menginfeksi smartphone dengan malware dan mendapatkan akses ke mikrofon. Meskipun tidak sulit, membuat algoritma untuk menafsirkan suara ketikan akan membutuhkan waktu yang lama. (bel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *