oleh

Ini 5 Cara agar Lebih Mudah Tidur Nyenyak, Nomor 4 Pasti Manjur!

SmartNews – Apakah tidur Anda selalu nyenyak? atau justru sebaliknya. Anda sulit tidur terlelap, sehingga selalu kurang tidur yang membuat tubuh lesu? Kesulitan tidur di malam hari atau insomnia, dialami hampir 30 persen orang dewasa. Masalah yang umum dialami, tapi bukanlah pertanda baik bagi kesehatan.

Kurang tidur berisiko meningkatkan serangan jantung, tekanan darah tinggi hingga obesitas. Apalagi jika masalah tidur sudah membatasi kemampuan Anda beraktivitas dari hari ke hari, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Untuk gangguan tidur ringan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar jam tidur lebih berkualitas.
Sejumlah cara ini terbilang unik, tapi salah satunya bisa Anda coba. Semoga mencoba!

1.Minum Susu Hangat

Menurut pakar pengobatan masalah tidur Jeanne Duffy, PhD, bahwa minum susu hangat akan memberikan efek lebih relaks. Ketika diminum sebelum tidur, efek relaks yang timbul akan membuat Anda lebih mudah terlelap.

Bagaimana dengan yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu? Tidak harus selalu dengan susu. Jeanne menjelaskan, rutinitas apapun sebelum tidur yang membuat Anda merasa relaks, akan membantu Anda lebih cepat terlelap.

“Pilihlah rutinitas yang membuat Anda relaks, dan tetaplah melakukannya tiap malam, jangan hanya di malam ketika Anda merasa stres atau lelah,” kata profesor yang bekerja di Brigham and Women’s Hospital di Boston ini, seperti dikutip dari Everyday Health.

2.Minum Cuka Apel

Pengakuan seorang anggota Everyday Health, minum segelas air putih yang dicampur satu sendok teh cuka apel sebelum tidur, akan membantunya lebih mudah tidur nyenyak. Apakah cara ini efektif?

“Beberapa orang merasa minum campuran ini tepat sebelum tidur akan membantu mereka lebih cepat tidur dan waktu tidurnya lebih panjang. Meskipun belum diketahui secara pasti bagaimana dan kenapa ini bisa bekerja, cukup banyak orang yakin ramuan ini efektif,” sebut praktisi kesehatan holistik Carolyn Harrington.

3.Baca Buku

Jeanne mengatakan membaca buku di tempat tidur, pada beberapa orang bisa membuat pikiran relaks dan akhirnya tertidur.

Tapi membaca buku juga bisa memicu orang untuk terus membaca sampai akhir sehingga efeknya justru sebaliknya.

Jika Anda ingin memakai cara ini, sebaiknya tentukan batas waktu berapa lama Anda akan membaca buku. Satu jam? Dua jam? Begitu mencapai batas, berhenti membaca buku, matikan lampu dan mulailah mencoba tidur.

“Satu hal yang mesti diperhatikan saat membaca buku sebelum tidur adalah paparan cahaya dari lampu. Jika lampu terlalu terang dan Anda lama membaca buku, lampu akan menyetel ulang jam biologis tubuh yang bisa membuat Anda sulit bangun pagi,” ujar Jeanne.

4.Memikirkan Kehangatan Keluarga

“Salah satu kunci bisa tidur dengan nyenyak adalah relaks dan tidak gelisah karena Anda ingin cepat tidur. Apapun stimuli yang sekiranya bisa mencapai pikiran untuk relaksasi dan mengurangi kecemasan bisa berguna,” kata Jeanne.

Memikirkan atau mengingat kenangan manis tentang keluarga, atau kekasih, akan membuat hati bahagia. Pikiran pun jadi lebih tenang, dan berujung pada kualitas tidur yang lebih baik karena Anda jadi lebih mudah tidur.

5.Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa memicu Anda lebih cepat tidur karena suhu tubuh menjadi hangat. Ketika suhu kulit meningkat dan secara perlahan-lahan menurun, tubuh akan menjadi relaks dan berada di fase bersiap-siap untuk tidur.

“Apalagi ketika disertai dengan minum secangkir teh chamomile, yang sudah dikenal dengan efek relaksasinya,” jelas Carolyn.

 

Sumber: wolipop.detik.com/health

Loading...

Komentar