oleh

Dipergoki Curi Sepeda Motor, Pria Ini Ancam Warga dengan Pisau

SmartNews, Sibolga – Sepeda motor milik Rina Paulina Astuti (39) warga Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatra Utara hilang dari depan rumah pada, Selasa (30/4/2019) sekitar pukul 20.00 WIB.

Pelaku runmor berinisial RS (39) berstatus sebagai sopir angkot, warga jalan Cornel Simanjuntak Kelurahan Huta Tongatonga Kecamatan Sibolga Utara telah berhasil ditangkap.

Kasus ini diketahui Polisi setelah korban Rina Paulina Astuti datang melapor ke Polsek Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

Berdasarkan keterangan Rina kepada Polisi, runmor miliknya diketahui setelah ia mendengar suara sepeda motor di depan rumahnya tempat sepeda motor yang diparkirkan sebelumnya.

“Mendengar suara sepeda motor itu, korban (Rina Paulina Astuti) bergegas berjalan menuju depan rumah, dan tidak melihat lagi sepeda motor miliknya itu,” terang Kapolres Sibolga AKBP Edwin HY Hariandja dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2019).

Sormin menjelaskan, korban kemudian mengetahui sepeda motornya itu dicuri oleh tersangka lantaran dilihat oleh tetangganya.

Namun saat itu, tetangga korban tak berdaya karena diancam tersangka.

“Kereta (sepeda motor,red) itu di bawa orang tadi, kami diancam dengan pisau, sehingga kami takut dan masuk ke dalam rumah,” kata Sormin menirukan keterangan tetangganya seperti disampaikan korban ketika memberikan keterangan di kantor polisi.

Sormin menjelaskan, setelah menerima laporan dari korban, Kapolsek Sibolga Sambas Iptu Kuson Butarbutar memerintahkan Unit Reskrim untuk melakukan penyelidikan dan pendalaman.

“Setelah dilakukan pendalaman, petugas mendapat informasi bahwa tersangka sedang berada di Kampung Batak Kelurahan Aek Parombunan Sibolga dan berhasil mengamankan tersangka ketika sedang ngumpul dengan sejumlah warga,” ujar R Sormin.

Menurut Sormin, tersangka sudah berkeluarga dan pernah dihukum dalam perkara curanmor tahun 2016 dan dihukum selama 2,5 tahun di Lapas Klas II A Sibolga.

“Sejumlah barang bukti yang diamankan dari tersangka berupa 1 unit sepeda motor Honda Supra X 125 warna merah kuning. Kemudian alat yang digunakan untuk mencuri adalah gunting yang sebelumnya dibawa tersangka dari rumahnya,” kata Sormin.

Masih Sormin, setelah tersangka mencuri sepeda motor itu, kemudian dibawa ke Kampung Batak dengan merubah warnanya serta membuka No Pol.

“Tersangka kemudian menggadaikan sepeda motor yang ia curi kepada (identitas telah dikantongi) seharga Rp 1 Juta, uangnya digunakan tersangka untuk bermain judi serta memenuhi kebutuhan hidup,” paparnya.

Tersangka ditahan di RTP Polsek Sibolga Sambas, dan telah dititipkan ke Lapas Klas II Sibolga.

“Tersangka diduga telah melapas 363 ayat (1) ke 3e dan 5e dari KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun,” pungkasnya. (br-snt)

Loading...

Komentar