Polres Sibolga Tangkap Pencuri Sepeda Motor

  • Whatsapp
Tersangka (baju merah), dan Barang Bukti Satu Unit Sepda Motor Diamankan di Mapolres Sibolga. (foto: dok)

SmartNews, Sibolga – Polisi menangkap seorang pria yang sedang duduk di sebuah warung di jalan SM Raja Kota Sibolga, Sumatra Utara, pada Rabu (29/6/2019) sore.

Pria tersebut berinisial JARP (26) berstatus sebagai karyawan swasta, warga jalan Ketapang Gang Pelita, Kelurahan Simaremare, Kecamatan Sibolga Utara. Dia ditangkap dalam kasus pencurian sepeda motor dari depan rumah.

Bacaan Lainnya

Kapolres Sibolga AKBP Edwin H Hariandja melalui Kasubbag Humas Iptu R Sormin kepada SmartNews, Senin (17/6/2019) menjelaskan, kasus pencurian ini terungkap setelah korban Albertus Indra Wibowo (20) warga jalan Ketapang datang melapor pada Rabu (29/5/2019).

Dalam laporannya kepada Polisi, Albertus menerangkan bahwa sepeda motor jenis Honda Beat warna putih No Pol BB 3295 NL yang sebelumnya ia parkir di depan rumah, hilang.

Di kantor Polisi, tersangka JARP mengatakan, sepeda motor yang ia curi dibawa ke arah Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Selanjutnya pada Kamis (30/5/2019) personel Sat Reskrim membawa tersangka untuk mencari temannya yang ikut melakukan pencurian.

Pada pukul 00.15 WIB, ketika berada di Kecamatan Sorkam, petugas mendapat informasi bahwa pelaku menuju Kecamatan Sosorgadong Kabupaten Tapanuli Tengah.

Selanjutnya pada pukul 01.20 WIB, petugas mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada dua unit sepeda motor dimasukkan pada salah satu sekolah.

“Setelah dilakukan penyisiran petugas, ditemukan dua unit sepeda motor, salah satunya milik Albertus Indra Wibowo,” ujar R Sormin.

Menurut Sormin, tersangka pernah dihukum dalam kasus penganiayaan tahun 2017 dan dihukum selama 6 bulan di Lapas Klas II A Sibolga.

Kronologis, pada Senin (22/5/2019) pukul 01.00 WIB, tersangka bersama temannya (identitas telah dikantongi) berencana untuk melakukan pencurian sepeda motor.

Tersangka pun kemudian menunjukkan sasaran, yang tak lain adalah sepeda motor tetangganya sendiri yang selama ini ia lihat sering parkir di depan rumah korban.

“Melihat situasi aman, tersangka mengeluarkan 1 buah besi berbentuk kunci. Sementara temannya memasukkan kunci pada lobang kunci sepeda motor, kemudian didorong ke pinggir jalan,” terang Sormin.

Setelah itu, lanjutnya, tersangka bersama temannya kembali mencuri 1 unit sepeda motor.

“Selanjutnya kedua kenderaan tersebut dihidupkan dan dibawa ke arah Sarudik. Sementara teman tersangka membawa sepeda motor Honda Beat warna putih, sedangkan tersangka membawa sepeda motor yang lain,” papar Sormin.

Setelah tiba di Sarudik, teman tersangka mengatakan “Kau tunggu di sini dulu, biar kuamankan sepeda motor ini”
Kemudian teman tersangka membawa sepeda motor honda beat, sedangkan tersangka menunggu.

“Tak lama kemudian teman tersangka yang sama melakukan pencurian datang naik betor, dan kembali datang membawa sepeda motor yang juga dicuri dari jalan Ketapang Gang Pelita Kelurahan Simaremare Sibolga,” jelasnya.

Tersangka ditahan di RTP Polres Sibolga diduga telah melapas 363 ayat (1) ke 3,4 dan 5 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *