oleh

Inilah 10 Band Rock Terbaik Sepanjang Masa

SmartNews – Di dunia begitu banyak band rock dengan segudang lagu dan prestasinya. Namun, siapa yang terbaik sepanjang masa?

Melansir detikHOT, Rabu (3/7/2019), setidaknya ada 10 band rock terbaik sepanjang masa. Penilaian tersebut dilihat dari karya, sejarah, dan aspek lainnya.

1. The Beatles

Dibentuk di Liverpool pada 1960, The Beatles bisa dibilang sebagai band paling berpengaruh di dunia. John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr mencoba meramu berbagai gaya musik menjadi satu irama menarik.

Mulai dari balada pop, hard rock, hingga musik India coba disuguhkan oleh The Beatles. Hasilnya, ‘Yesterday’, ‘Let It Be’, ‘I Want to Hold’ Your Hands’, ‘Help’, dan yang lainnya sukses menjadi hits yang masih enak diputar hingga saat ini.

2. The Rolling Stones

Masih dari dataran Inggris, The Rolling Stones dibentuk pada 1962 di London. Brian Jones, Mick Jagger, Keith Richards, Bill Wyman, Charlie Watts, dan Ian Stewart menjadai rangkaian yang apik dari band tersebut.

Band yang kerap disebut sebagai kiblat rock and roll itu juga menghasilkan berbagai hits, seperti ‘(I Can’t Get No) Satisfaction’, ‘Paint It Black’, ‘Brown Sugar’, ‘Jumpin’ Jack Flash’, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. U2

Berikutnya adalah U2. Band satu ini begitu eksis dalam 4 dekade, mulai era ’80-an hingga saat ini. Bono, The Edge, Adam Clayton, dan Larry Mullen Jr sukses membuat lagu-lagunya begitu relevan dengan zaman.

‘The Joshua Tree’ adalah album paling sukses dari band asal Irlandia itu. Sedangkan lagunya, seperti ‘With or Without You’, ‘Vertigo’, ‘New Years Day’, ‘Sunday Bloody Sunday’, dan yang lainnya masih enak dinikmati saat ini.

4. The Grateful Dead

Berikutnya adalah band rock dari Amerika Serikat, The Grateful Dead. Sejak bermusik, band yang dibentuk pada 1965 itu dikenal memiliki keunikan menggabungkan unsur rock, folk, bluegrass, blues, reggae, hingga jazz.

Oleh Rolling Stone, Jerry Garcia dan kawan-kawan bahkan masuk di urutan 57 daftar Artis Terbesar Sepanjang Masa.

5. The Velvet Underground

Untuk selanjutnya Today menyebut The Velvet Underground sebagai bagian dari band rock terbaik sepanjang masa. Lou Redd dan kawan-kawan berhasil membuat pendengarnya begitu menikmati ‘Pale Blue Eyes’, ‘I’m Waiting for My Man’, ‘Sweet jane’, dan yang lainnya.

6. Led Zeppelin

Banyak orang menyebut Led Zeppelin sebagai nenek moyangnya hard rock. Band yang dibentuk di Inggris pada 1968 itu selalu menarik perhatian dengan irama blues dan psychedelia.

Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham sukses melahirkan ‘Starway to Heaven’, ‘Whole Lotta Love’, ‘Black Dog’, ‘Ramble On’, dan yang lainnya.

7. Ramones

Di nomor 7 ada unit punk rock asal Amerika Serikat. Ramones juga disebut sebagai band punk rock pertama yang sukses setelah lahir pada 1974.

Hingga kini, terhitung 14 album studio sudah dirilis Ramones. Di mana ‘Blitzkrieg Bop’, ‘I Wanna Be Sedated’, ‘Sheena Is A Punk Rokcer’ menjadi hits yang begitu mendunia.

8. Pink Floyd

Beriktunya ada Pink Floyd sebagai band rock terbaik sepanjang masa. Aroma psychedelic rock dan progressive rock begitu kental mengiringi perjalanan mereka sejak 1971.

Pink Floyd selama ini juga dikenal sebagai band dengan lirik lagu yang filosofis. Mereka juga dipercaya sebagai unit rock yang paling sukses secara komersil.

9. Bob Marley and the Wailers

Bob Marley sebagai tokoh besar di reggae ternyata juga ambil bagian di sini. Ia disebut sukses dengan Bob Marley and the Wailers pada era kejayaan rock.

Bersama Peter Tosh dan Bunny Wailer, Bob Marley memainkan ska. Kemudian musik mereka begitu ikonik hingga membuat turunan menjadi reggae.

10. Sly and the Family Stone

Terakhir adalah Sly and the Family Stone. Lahir pada 1966, band tersebut begitu mencuri perhatian.

Dengan banyaknya personel yang bergantian datang dan pergi, Sly and the Family Stone tetap bisa mendapatkan tempat di hati penikmatnya. ‘Everyday People’, ‘Thank You’, ‘Family Affair’ hingga ‘Dance to the Music’ menjadi andalan mereka. (red)

Loading...

Komentar