Tipu Wanita-wanita Cantik, Seorang Pengusaha Mie Sop Ditangkap

  • Whatsapp
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

SmartNews, Sumut – Seorang pengusaha yang diduga spesialis penipu wanita-wanita cantik diringkus Polda Sumut. Tersangka AC alias Rinal Kostan ditangkap dari rumahnya di Komplek Perumahan Brayan City Blok B, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat, Sumut.

Dikutip dari tribratanews, Kamis (1/8/2019), Kasubdit II/Harda-Bangtah Ditreskrimum Poldasu AKBP Edison Sitepu melalui Kanit Kompol Effendi Tarigan membenarkan penahanan tersangka.

Bacaan Lainnya

“Dia (AC,red) kita tangkap dalam kasus penipuan dengan modus membayar uang pinjaman dengan cek kosong,” kata Kompol Effendi Tarigan, kemarin.

Disebutkan, tersangka ditangkap atas laporan pengaduan seorang wanita bernama Royani warga Jalan Asrama, Krakatau sesuai laporan polisi No.LP/627/V/2019/SPKT I tanggal 2 Mei 2019.

Tersangka, kata Kompol Effendi Tarigan, meminjam uang sebesar Rp270 juta dari Royani dengan alasan untuk modal usaha jual beli kayu dengan jaminan 3 lembar cek. “Ternyata, setelah cek akan dicairkan rupanya kosong,” ujar Tarigan.

Tersangka dipersangkakan melanggar pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.
Royani mengaku mengenal tersangka dari seorang temannya bernama Ahok.

“Sebelum kita laporkan ke polisi, kita sudah menghubungi AC soal cek kosong yang diberikan dan minta supaya dibayar namun tidak ada tanggapan,” kata Royani.

Selain Royani, ada sejumlah wanita cantik yang menjadi korban, diantaranya bernama Jensi yang ditipu sebesar Rp200 juta dengan modus yang sama, dan wanita A ditipu Rp250 juta, wanita M ditipu Rp240 juta dan masih banyak lagi.

“Diperkirakan puluhan miliar uang hasil penipuan tersangka dengan korban para wanita. Dia memang berpenampilan layaknya seorang pengusaha sukses sehingga para wanita dengan mudah diperdaya,” katanya.

Terhadap korban-korbannya, tersangka mengaku sebagai pengusaha kayu. Namun dia punya hutang kepada PT.CML sehingga tidak bisa menarik uang.

Akan tetapi, setelah dicek ke PT.CML, ternyata pihak PT.CML juga korban penipuan tersangka AC sebesar Rp3 miliar.

“Ternyata, uang hasil pinjamanya dibuat untuk membuka usaha Mie Sop yang salah satu pusatnya adalah Mie Sop Brayan,” ungkapnya.

Selain untuk membuka usaha yang sudah ada di beberapa cabang, uang itu juga digunakan tersangka membeli mobil-mobil mewah.

“Korban-korbannya banyak dan sebagian lagi akan menyusul membuat laporan pengaduan,” sebut sumber yang merupakan rekan tersangka. (trib-mdn/s3)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *